Bupati IDP- TNI-POLRI ; Bersama Siap Pulihkan Keamanan Padolo

Bima. Harian amanat.com,- Puluhan rumah di desa Padolo kecamatan Belo terbakar pada Sabtu 20 juni 2020 yang baru lalu. Peristiwa pembakaran yang dipicu oleh aksi balas dendam atas wafatnya seorang warga Talabiu Kecamatan Woha yang terjadi pukul 09.00 pagi Witeng tersebut melalap sekitar 20 rumah.

Untuk membantu meringankan beban korban musibah , Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, langsung turun melihat lokasi dan kondisi warga yang  berdampak Pembakaran dan perkelahian tersebut.  Bupati IDP tidak sendirian dalam menghadapi musibah akibat  kenakalan Pemuda setempat itu. Kapolda NTB Brigjen Polisi M. Iqbal memerintahkan dua orang Pejabat teras Polda NTB turun tangan dalam mengamankan kondisi desa pasca pembakaran rumah warga. Yakni Dir Intelkam  Kombes. Drs. Susilo Iryanto dan  Dir Binmas Kombes Pol Benny Basir, S.IK.

Bupati IDP tidak hanya berkunjung kepada warga korban Pembakaran. Bupati IDP  juga berkunjung dan memberi santunan kepada  keluarga korban meninggal dan korban terkena luka bacok.

Upaya pemerintah Kabupaten Bima untuk sesegera mungkin memulihkan siatuasi di Padolo dan Talabiu terlihat jelas, dengan dikerahkannya berbagai bantuan, Mulai dari Pembangunan Posko bagi warga yang rumahnya  berdampak  pembakaran, Posko dapur umum, hingga gotong royong membersihkan puing-puing  bekas  kebakaran, bantuan sembako dan peralatan tidur dari GOW Kabupaten Bima.

Kehadiran dua pejabat  utama di lingkungan  Polda NTB,  untuk mengecek secara langsung  lokasi kejadian sekaligus  melakukan sillaturahmi dengan kedua keluarga kasus penganiayaan ( pembacokan) yang mengakibatkan salah satu korban bernama  Arif Rahman Hakim meninggal dunia pada hari Sabtu tanggal 20 Juni 2020. Menjadi surprais  bagi pemerintah, warga Padolo  dan warga Talaiu, karna Kapolda NTB dan jajarannya hadir mengamankan kedua desa.

Dalam kesempatan tersebut, Dir Intel Kam Polda NTB di hadapan Kades Padolo dan warga masyarakat yang kena musibah kebakaran mengajak  warga masyarakat yang belum kembali akibat mengungsi  agar kembali kerumah masing-masing  mengingat situasi sudah  aman dan kondusif serta jangan cepat terpengaruh dengan issue provokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Demikian juga di hadapan keluarga korban  penganiayaan, Dir Intel Kam Polda NTB menyatakan turut berduka cita atas meninggalnya  alm Arif  Rahman Hakim salah korban  penganiayaan yang di lakukan kedua pelaku warga Desa Padolo dan kini telah di amankan oleh Kepolisian Resor Bima  dan di harapkan agar menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Kepolisian untuk di proses  sesuai hukum yang berlaku.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 162 Bima, Letkol Inf. Teuku Mustafa Kamal, menyampaikan bahwa TNI akan selalu siap mengawal, mengawasi  dan membantu Polri dalam mengamankan Kedua Wilayah. “ tugas kami sebagai Abdi Bangsa, siap memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut  Dir Intelkam Kombes Pol Drs. Susilo Rahayu Iryanto, S.IK dan Dir Binmas Polda NTB  Kombes Pol Benny Basir Warmansyah, S.IK.  Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo S. IK, Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan HM Noer, Camat Woha Irfan Dj SH dan Pemdes Talabiu.( Ile/045)

—–bahwasanya Kami  timpakan siksa kepada mereka dari sebagian siksa terdekat di dunia, sebelum siksa terbesar diakhirat, mudah-mudahan mereka mau kembali ke jalan yang benar. QS. As-Sajadah. Ayat 21.——-