Walikota Harum : Pelaku UMKM Perlu Alat Transaksi Digital

KOTA BIMA,harianamanat,-
Walikota Bima H.Muhammad Rum (Harum) berharap pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di bekali dengan Alat Peralatan transaksi pembayaran yang menggunakan digital bisa berupa kartu debit ataupun kartu kredit atau proses transaksi digital lainnya.

Hal itu untuk memudahkan Transaksi karena belum tentu pembeli membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

Pernyataan itu di lontarkan Walikota Harum, di ruang rapat Walikota, Selasa 2 Januari 2024.

Menurutnya, pelaku UMKM mesti di bekali dengan Alat Transaksi Digital di tengah makin meluasnya sistem pembayaran digital baik tanpa gunakan kartu ataupun dengan menggunakan kartu.

Ia mencontohkan beberapa waktu lalu, ada Tamu yang ingin belanja Tenunan Bima, tetapi karna tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak, sehingga tidak bisa berbelanja dalam jumlah yang banyak juga.

Ia berharap pada saat event besar yang di selenggarakan Pemkot.
UMKM Lokal telah memiliki alat transaksi digital.

“saya berharap dinas pariwisata dan dinas terkait bisa bersinergi, memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM, agar mereka semua bisa memiliki alat transaksi digital.
Sehingga saat event besar, peralatan tersebut sudah bisa di gunakan oleh para pelaku UMKM,”ujar Walikota Harum.

Peralatan pembayaran atau transaksi digital ini di butuhkan segera, mengingat Kota Bima akan mengadakan event besar saat perayaan HUT Kota Bima April mendatang.

Walikota Harum menjelaskan bahwa transaksi digital sangat membantu para pelaku usaha, seiring dengan aktivitas ekonomi yang kembali normal.

” Ini bagian dari motivasi dan inovasi bagi para pelaku usaha, dengan menggunakan Kartu atau transaksi digital, pelaku usaha terus berinovasi diri agar bisa tetap bertahan di era ini,”ujarnya.(Sura)