Walikota Harum Siapkan Festival Rimpu Mantika 2024

KOTA BIMA,harianamanat,-
Pelaksana Tugas Walikota Bima H.Muhammad Rum (Harum) membuat Agenda Tahunan atau Kalender Event dalam upayanya memacu Pertumbuhan Ekonomi bagi masyarakat Kota Bima.

Salah satu Kalender Event yang akan di gelar yakni Festival Rimpu Mantika 2024 yang akan di gelar April mendatang, sekaligus merayakan HUT Kota Bima.

Festival Rimpu Mantika 2024 konsep desainnya dipercaya pada Saad Bima sebagai tenaga ahli dan dibantu oleh para budayawan dan seniman kota bima.
Pihak Penyelenggaranya Dinas Pariwisata kota Bima.

Festival Rimpu Mantika 2024, akan melibatkan para Penenun.
disamping itu Peserta Festival Rimpu Mantika 2024 wajib mengenakan sarung Nggoli, tenunan Khas Bima.

“Saya ingin sekali acara ini sukses, orang-orang tamu yang hadir bisa berbelanja tenunan Bima.

Oleh sebab itu Dinas terkait bisa memberikan sosialisasi kepada para Pelaku UMKM Tenunan, untuk tidak menaikan harga pada saat itu.
Biarkan harga tetap sesuai standar yang telah di tentukan,”ujarnya saat memimpin Rapat Pembahasan Persiapan Desain Festival Rimpu Mantika 2024, di ruang Rapat Walikota Bima, Selasa 2 Januari 2024.

Ia berharap Event Besar seperti Festival Rimpu Mantika 2024 nanti, Bisa berdampak yang Signifikan bagi Pertumbuhan Perekonomian Daerah.

Rimpu merupakan cara berbusana masyarakat Bima, dengan menggunakan sarung khas Bima.

Rimpu merupakan rangkaian pakaian yang menggunakan dua lembar (dua ndo`o) sarung, kedua sarung tersebut untuk bagian bawah dan bagian atas.

Rimpu ini adalah pakaian yang diperuntukkan bagi kaum perempuan, sedangkan kaum lelakinya tidak memakai rimpu melainkan menggunakan ”Katente Tembe” (menggulungkan sarung di pinggang).

Pemerintah Kota Bima terus berupaya menghidupkan warisan budaya Bima ditengah perkembangan zaman yang semakin modern.

Disamping itu Pemerintah Kota Bima tengah membidik Event Festival Rimpu Mantika menjadi Kalender Event KARISMA NUSANTARA dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“salah satu upaya untuk menaikan level Festival Rimpu Mantika bisa masuk Karisma Nusantara dari Kemenparekraf.

makanya kami mengundang Sutradara Saad Bima untuk mendesain konsep acara ini, sekaligus membantu mempromosikan event ini,”ujar Kadis Pariwisata Kota Bima M.Natsir,M.Si.

Sutradara Saad Bima mengaku siap membantu Pemkot Bima.
Ia mengatakan bahwa Festival Rimpu Mantika ini akan melibatkan para Seniman, budayawan Bima, dan para kreator seni asal Bima. (Sura)