Bupati IDP : HUT GURU Merdeka Guru Merdeka Belajar

harianamanat.com

KABUPATEN BIMA,- Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional yang mengangkat tema, Transformasi Guru Mewujudkan Indonesia Maju Tingkat Kabupaten Bima dipusatkan di Lapangan Kara Kecamatan Bolo Sabtu (25/11) diikuti Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kabag Setda, Camat dan seluruh jajaran Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

Bupati Bima yang membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan pada tahun pertama Merdeka Belajar, kita menghapus ujian nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Kita menerapkan asesmen nasional agar semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman inklusif dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

Lebih lanjut Bupati IDP yang merilis amanat Menteri Nadiem mengungkapkan, kurikulum Merdeka belajar adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru karena tidak hanya meringankan beban murid terkait pengurangan pada jumlah materi dan penekanan pada pemahaman yang mendalam tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan siswa kebutuhan murid”.

Masih terkait Merdeka belajar, menurut Menteri Nadiem, ruang untuk belajar dan berbagi diantara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan kurikulum merdeka”.Imbuhnya.

Setelah seluruh rangkaian upacara, acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang menandai berakhirnya kegiatan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tingkat Kabupaten Bima tahun 2023.(pyan)