Baznas Kabupaten Bima Gelar Rakor Peningkatan Zakat

harianamanat.com

KABUPATEN BIMA,- Rapat Koordinasi Peningkatan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima berangsung Rabu (22/11/2023) di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima.

Bupati Bima yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Fatahullah, S.Pd dalam sambutannya di hadapan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, (OPD), Kepala bagian di lingkungan Sekretariat Daerah dan para Camat saat membuka Rakor ZIS mengungkapkan, untuk meningkatkan capaian target pengumpulan zakat, infaq dan sedekah, Unit pengumpul zakat (UPZ) di tingkat OPD perlu bekerja lebih optimal. OPD diminta untuk mensosialisasikan kepada ASN lingkup kerja masing-masing tentang pentingnya zakat.

Selain itu, Fathullah berpesan agar dana zakat terkumpul disalurkan tepat sasaran, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kaum dhuafa serta memberikan keberkahan.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Iwan Setiawan, SE, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Putarman, SE., Ketua BAZNAS Kabupaten Bima Drs.H. Zainuddin, beserta para anggota, Ketua MUI Kabupaten Bima TGH.Abdurrahim Haris., MA.

“Rakor ditujukan dalam rangka pengelolaan zakat secara kelembagaan, terorganisasi dan profesional”. Terang Ketua Baznas Kabupaten Bima Drs.H. Zainuddin.

Target pengumpulan pajak yang diterapkan sebesar Rp.10,8 miliar. Dari jumlah tersebut zakat yang sudah terkumpul mencapai Rp. 8,1 milyar (75%). Target ZIS ASN sebesar Rp.1,17 milyar dan sampai Oktober terkumpul Rp.692 juta.(pyan)