BNPT RI Selenggarakan Penguatan Kapasitas dan Kompetensi Aparat di Jawa Timur

harianamanat.com

Surabaya, – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) kembali melakukan penguatan kapasitas aparat guna memutus mata rantai jaringan terorisme yang memang nyata keberadaannya terutama di provinsi Jawa Timur.

“Ancaman terorisme memang nyata dan perlu kita terus waspadai bersama. BNPT selaku lembaga koordinator dalam penanggulangan terorisme memandang perlu menyelenggarakan kegiatan penguatan kapasitas dan kompetensi TNI, Polri dan Instansi terkait yang ada di Provinsi Jawa Timur,”kata Direktur Pembinaan Kemampuan, Brigjen Pol. Wawan Ridwan, S.I.K., S.H., M.H., saat membuka kegiatan Penguatan Kapasitas dan kompetensi Personel TNI, Polri dan Instansi Terkait dalam mendukung penanggulangan terorisme di Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan di Surabaya pada 20 dan 21 September 2023.

Menurutnya BNPT melakukan penguatan aparat dalam pencegahan terorisme untuk membangun semangat kolaboratif aparatur yang terkait dalam pencegahan aksi terorisme khususnya di wilayah Jawa Timur.

“Ini merupakan bagian dari peningkatan kemampuan aparatur yang diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan sinergitas aparatur pemerintah agar upaya penanggulangan terorisme dapat berjalan secaar kolaboratif di wilayah Jawa Timur,” jelas Jenderal bintang satu tersebut.

Lebih lanjut, Wawan mengatakan dalam menyambut tahun politik 2024, BNPT RI akan terus memberikan penguatan Kapasitas dan kompetensi Personel TNI, Polri dan Instansi Terkait dalam mendukung penanggulangan terorisme.

“Upaya ini dilakukan dalam rangka menyambut tahun politik 2024 sebagai langkah mitigasi polarisasi dan gesekan politik di masyarakat yang menjadi sasaran pelaku teror,” katanya.

Total terdapat 52 peserta mengikuti kegiatan dengan metode diskusi dan tanya jawab yang menghadirkan narasumber dari BNPT RI, Polda Jatim, Kodam V Brawijaya, Satgaswil Densus 88 A/T Polri Jawa Timur, BINDA Jatim, Bakesbangpol Provinsi Jatim, MUI Jatim dan juga Mitra Deradikalisasi BNPT.(HMS)