Umi Ellya ; Bazar dan Seni Geliatkan Perekonomian Kota

Kota Bima,harianamanat.com,- Ketua Dekranasda Kota Bima Hj. Ellya H.M. Lutfi, menyambut baik upaya Pemerintah Kota Bima dalam memajukan UMKM maupun meningkatkan kreativitas dan Prestasi anak didik. lesunya perekonomian akibat Covid tidak menurunkan semangat kita untuk membangun dan terus produktif, berupaya agar senantiasa dapat menumbuhkan geliat perekonomian.

“kegiatan Bazar dan Seni ini wujud Perhatian Pemkot, dan ini harus terus dikembangkan sehingga geliat perekonomian meningkat, keberadaan UMKM dalam menggenjot dan memasarkan produk industri lokal, menjadi sarana, ruang promosi dan pemasaran yang efektif”, ungkap Umi Elly saat menyampaikan sambutanya dalam acara Pembukaan Bazar dan Pentas Seni, Kamis 23 September 2021 di pantai Lawata.

Ketua Dekranasda. kota Bima ini berharap dengan kegiatan tersebut, dapat membawa dampak langsung bagi pelaku usaha serta menjadi stimulan dari upaya-upaya lanjutan agar dapar meningkatkan perekonomian pelaku usaha kecil, serta dapat menurunkan angka kemiskinan.

Iapun menyampaikan Terimakasih kepada mitra kerja Dekranasda yang telah banyak membantu dan memberi suport.

“Terimakasih kepada lembaga permodalan yang senantiasa memberi dukungan kepada pelaku UMKM, kepada perbankan, BUMN,BUMD, semoga bantuan serta kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung dan bahkan mengingkat dari tahun-ketahun,” ujarnya.

Wanita Aktif inipun berharap kepada seluruh stakeholder kegiatan Bazar dan Pentas Seni, bisa terus saling mendukung dan bekerjasama, dalam upaya pencapaian program pembangunan Kota Bima dibawah Pemerintahan HM.Lutfi.

” Terimakasih kiranya kerjasama ini terus berlanjut, sehingga program kerja pemerintah HML bisa sama-sama kita wujudkan dan syiarkan, karena segala sesuatunya membutuhkan kebersamaan,” ujarnya.

Sebagai Ketua Dekranasda Kota Bima, Hj.Ellya Alwaini Lutfi Pun berharap agar kiprah organisasi ini berdampak pada kemaslahatan bagi warga kota Bima, khususnya kaum Perempuan.

” Semoga kiprah kami, bisa mendapatkan tempat dihati keluarga besar warga kota Bima, sehingga bisa bermanfaat,” pungkasnya.

Tercatat selama kurun waktu satu tahun terakhir, Dekranasda Kota Bima telah menyalurkan bantuan kepada pelaku usaha UMKM.
ditahun pertama sebanyak 600 benang jahit.
tahun kedua sebanyak 1000 unit,
dan ditahun ketiga sebanyak 1.600 penerima.
Bantuan juga diberikan berupa peralatan jajan/kue, alat ukir dan alat seni, alat pandai besi dan perbengkelan, serta rombong.

Kegiatan tersebut rencanaanya akan dilaksanakan selama empat hari yakni dimulai tanggal 23 hingga 26 September, merupakan malam puncak sekaligus malam penutupan.

Kegiatan tersebut di ikuti 19 kelompok Seni, terdiri dari 47 tampilan selama 4 hari. Yang di ikuti oleh pelajar setingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK dan juga kelompok sosial masyarakat.

mereka menampilkan seni tarian tradisional, kasidah rabana, puisi, nyanyian solo, pentas drama dan lainnya.

Rencananya di malam penutupan akan pentaskan kilas balik perjalanan dan pencapaian tiga tahun Pemerintahan HML.
Seperti pemaparan, vidio kilas balik dan iklan E-Lapor persembahan dari Comand Center Kota Bima.

Disamping Pentas Seni, hadirkan pula Pameran ataupun Bazar oleh pelaku usaha UMKM Kota Bima yang dimotori oleh Diskoperindag Kota Bima dengan disediakannya sebanyak 20 lapak Bazaar. Bazar tersebut menjajakan berbagai produk lokal daerah dan panganan lokal daerah, seperti tenun khas bima lengkap dengan berbagai bentuk dan pilihan seperti Sarung Nggoli, Sal tenun Bima, Sambolo dan lainnya serta jajanan khas Bima dengan bebagai jenis dan bentuk.

Panitia juga menyediakan pos dan tenda khusus bagi pengunjung yang ingin sekaligus melaksanakan vaksinasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kota Bima, Ketua panitia Drs. H. M. Fakhrunraji, ME, Kadis Disparpora, Diskoperindag, dan seluruh Kepala OPD lingkup Pemkot Bima, Forkopimda, organisasi Perempuan dan Pelaku UMKM.(admin)