Uma Lengge-Kawinda Toi-Kebun Bawang Risa Nominator ADWI 2021

Bima, Harianamanat.com,- Ada 300 Desa jadi Nominator Anugerah Desa Wisata pada Lomba Anugerah Desa wisata (ADWI ) 2021, dan sudah diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (kemenparekraf) Sandiaga Uno, 18 agustus 2021 lalu, melalui website resmi KeMenparekraf. Jadesta.com.

Dan dari 24 Desa Wisata yang di daftarkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, ada 3 desa wisata yang lolos, yakni Desa Wisata Uma Lengge Maria, Desa Wisata Kawinda Toi Tambora dan Desa Wisata Kampung Bawang Risa Woha.


Dari 1.831 Desa wisata Indonesia yang mendaftar, yang dinyatakan masuk Nominator ada 300 desa wisata, yang nantinya akan di seleksi menjadi 100 kemudian 20 Finalis menuju 10 Besar, dengan total hadiah yang diperebutkan miliaran rupiah. Jika bisa masuk 20 besar, maka akan mendapatkan hadiah masing-masing Rp.1 miliar, sedangkan yang terpilih 10 besar akan mendapatkan anggaran pembinaan setiap tahun dan anggaran infrastruktur.


Pada kunjungan Ke Bima beberapa waktu lalu, Mas Menteri Sandiaga mengatakan bahwa desa wisata dirasa mampu untuk menjadi penguatan dan manfaat untuk ekonomi yang berkeadilan.
“Pandemi ini memaksa kita untuk meningkatkan keterampilan kita, meningkatkan kolaborasi kita, dan meningkatkan inovasi agar desa wisata menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi,”ujarnya.
Dengan Tema Indonesia bangkit desa wisata diharapkan dapat mendorong pelaku parekraf di desa agar berkembang, dan menopang perekonomian bangsa.

Jumlah 1.831 desa yang mendaftar menunjukkan semangat dari masyarakat terutama pengelola desa wisata , pengembangan potensi desa dapat mempercepat kemajuan Desa menuju kemandirian.
Desa wisata diharapkan mampu mengurangi urbanisasi masyarakat dari desa ke kota karena banyak aktivitas ekonomi yang dapat di ciptakan, serta menjadi upaya untuk melestarikan Potensi Budaya dan nilai-nilai kearifan lokal.
“Saya berharap daya saing pariwisata yang berkelanjutan, wisata ekonomi kreatif bisa kita bantu melalui ADWI, saya yakin bisa, Potensi Budaya diharapkan mampu meningkatkan daya saing pariwisata, dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola desa wisata.”

Pengumuman 300 nominator Anugerah Desa Wisata, disampaikan langsung oleh Mas Menteri Sandiaga melalui laman sosial media ADWI.
3 desa di Kabupaten Bima yang masuk kedalam 300 besar dari 1.831 desa wisata yang mendaftar dari 34 provinsi.

Inilah beberapa Desa di NTB yang masuk nominator 300 Anugerah Desa Wisata;
KABUPATEN BIMA : Desa Wisata Uma Lengge Maria Wawo, Desa Wisata Kawinda Toi Tambora, Desa Wisata Kampung Bawang Risa Woha.


KABUPATEN SUMBAWA BARAT : Desa Wisata Labuhan Kerta Sari.
KABUPATEN LOMBOK TIMUR : Desa Wisata Kembang Kuning, Desa Wisata Seruni Mumbul.


KABUPATEN LOMBOK UTARA : Desa Wisata Senaru.
KABUPATEN LOMBOK TENGAH : Desa Wisata Sade, desa Wisata Bilebante, Desa Wisata Bonjeruk.


KABUPATEN LOMBOK BARATA : Desa Wisata Batu kumbung, Desa Wisata Lembar Selatan, desa Wisata Sesaot.

KOTA MATARAM : Desa WISATA Tanjung Karang.

Sekretaris Dinas Pariwisata Abdul haris S.SOs dan Sirajudin , S.STP. M. Par selaku Koordinator desa Wiasata mengaku bahwa, dengan adanya penghargaan masuknya 3 desa tersebut, dapat menjadi motivasi untuk membangun dunia pariwisata di desanya.


“ ini adalah upaya untuk bangkit dan semangat mengembangkan desa wisata berkembang dan berkelanjutan,”ujar Abdul Haris , S.Sos yang diamini Sirajudin, M.Par.(admin )

Foto oleh Raha dkk.