Polres Bima Giat Bina Kampung Sehat

Bima, Harianamanat.com,- Sejak di gaungkan melalui louncing kampung sehat oleh Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal S.I.K MH. Desa Dore Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima terus berbenah untuk mendapatkan penghargaan dalam Lomba Kampung Sehat.

Desa Dore terdiri dari 319 KK.  Salah satu  program unggulan Desa Dore yakni di bidang  Sosial ekonomi kreatif ( ketahanan pangan), warga masyarakat memanfaatkan setiap halaman  pekarangan untuk menanam sayur mayur sebagai kebutuhan sehari- hari.

Sejak Pandemi C0vid-19 melanda masyarakat Dore giat melakukan bertani dari rumah (Urban Farming) dengan system hydroponics , menanam cabe, tomat, labu Putih, terong, kangkung dan sayur mayur lainnya.

 Kegiatan Urban Farming ( Bertani dari Rumah ) itu  didapatkan dari hasil edukasi yang terus dilakukan oleh Kades Dore Abdollah Jafar, ( purn TNI-AD )  Bhabinkamtibmas dan Babinsa Polres Bima, yang selalu bersinergi memberikan pembinaan dan penyuluhan  terhadap masyarakat tentang  kesadaran  hidup sehat nurut tatanan baru dan adaptasi kehidupan baru ( new normal)  sebagai benteng pencegahan virus corona yang di hadapi Bangsa Indonesia.

Seperti yang dilakukan  Bhabinkamtibmas Desa Bripka Lazarus Thomas, tanpa bosan mendatangi Desa Binaannya dengan memberikan pemahaman maksud dan tujuan di adakan Lomba Kampung Sehat, yang di  inisiasi oleh Kapolda NTB  dan di respron oleh warga masyarakat Desa Dore dengan menata kelembagaan Desa,  Sosial ekonomi kreatif maupun di bidang keamannan .

Hal Yang samapun dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Briptu  M. M.Dawud rizkyandi bersama Kades Muhammad Taufik S. Ag dan Babinsa  Desa Leu  Sertu Sudono, yang terus memantau kesiapan warga dalam menghadapi Lomba Kampung Sehat.

Menurutnya Warga Desa Leu saat ini tengah fokus dalam penanganan pencegahan Covid-19.  Sehingga Babinsa dan Tim kerap memberikan penyuluhan dan edukasi  cara menangkal virus corona yaitu dengan penerapan protokol kesehatan, rajin cuci tangan dengan sabun ,bila keluar rumah tetap pakai masker  dan tetap jaga jarak bila berada di tempat  ramai, serta membiasakan  diri hidup sehat nurut tatanan baru  dan adaptasi kebiasaan baru.

 Kerjasama TNI-Polri dalam penerapan Kampung Sehat Nurut Tatanan Bar uterus dilakukan, seperti yang dilakukan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang kerap berbagi  masker untuk warga binaannya yang belum punya.( Kabag Humas Polres Kab Bima )