Nantikan Kharisma Pesona Rimpu Untuk Nusantara

harianamanat

KOTA BIMA,- Catatan Prestasi yang luar biasa Bagi Pemerintah Kota Bima.
Rimpu, yang merupakan salah satu ciri pakaian tradisional masyarakat Bima itu akhirnya masuk dalam sebuah Event Promosi Pariwisata Nasional yakni Karisma Event Nusantara Tahun 2024.
Pesona Rimpu Mantika ini akan di gelar saat Perayaan HUT Kota Bima, 10 April 2024 mendatang.

Penjabat Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT, bangga dan bersyukur Event Pesona Rimpu Mantika yang tiap tahun di gelar Pemkot Bima itu lolos Kharisma Event Nusantara (KEN).

“Alhamdulillah, di Provinsi NTB hanya 2 Kabupaten dan 1 Kota yang lolos seleksi dari Kemenparekraf RI, salah satunya Pesona Rimpu Mantika Kota Bima masuk kalender event nasional tahun 2024,” ujar Walikota Harum saat menghadiri peluncuran Karisma Event Nusantara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2024, di Gedung Sasana Budaya, Jakarta, Sabtu, 27 Januari 2024.

Ir. H. Muhammad Rum (Harum) yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bima Natsir,M.Si mengatakan, pada acara peluncuran Karisma Event Nusantara, pesona Rimpu Mantika Kota Bima Lolos masuk kalender event nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Tahun 2024. Disusul Alunan Budaya Desa Kabupaten Lombok Timur dan festival perang topat dari Kabupaten Lombok Barat.

Walikota Harum juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada kementerian Pariwisata yang telah memilih Rimpu Mantika menjadi bagian dari salah satu Karisma Event Nusantara (KEN). Semoga setelah ini sambungnya, Rimpu tidak saja dikenal oleh masyarakat Bima saja, melainkan harus dikenal seluruh mata Internasional.

Ia memuji hasil kerja Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima M.Natsir,M.Si

“Selamat kepada Kadis Pariwisata dan seluruh stakeholder yang terlibat. Setelah melalui kerja yang cukup yang akhirnya kita mencatat sejarah baru bahwa festival rimpu Mantika lolos menjadi Karisma Event Nusantara,” ucapnya.

Walikota Harum berharap agar kemasan festival tahun ini dapat disajikan lebih atraktif, meriah dan menampilkan simbol-simbol budaya dengan kemasan yang lebih menarik dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sebelumnya, Menteri Parekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan bahwa KEN 2024 telah melalui proses kurasi yang sangat ketat selama 3 bulan, memiliki filosofi dan harapan yang kuat bagi kemajuan nasional dan mendapat respon yang sangat positif dari berbagai negara di dunia.

Betapa tidak dalam beberapa tahun terakhir, KEN selalu memberikan kontribusi nyata bagi bangkitnya budaya Indonesia dan memberikan keuntungan bagi bangkitnya ekonomi nasional.

Lebih lanjut Sandiaga Uno mengatakan bahwa Tahun 2024 melalui KEN ditargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru, penguatan promosi melalui media sosial serta memperkuat jejaring dan ekosistem event.

“Ada 110 event yang lolos tahun 2024 dengan Tema “Budaya Indonesia Panggung Dunia”. Salah satunya adalah Festifal Rimpu Mantika dari Kota Bima”. Pungkas Menteri Pariwisata ini dan berjanji akan hadir pada pelaksaan KEN Pesona Rimpu Mantika di Kota Bima dan Pelaksanaan KEN di Lombok. (Sura)