Hasil UKW PWI Pusat 43 Peserta Berkompeten

harianamanat

MATARAM,- ” UKW ini untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan.

Dan bagaimana seorang wartawan mampu menjaga Marwah profesi ini dan juga mampu menempatkan diri pada kedudukan strategis industri pers.

Dari 46 orang peserta UKW, 43 orang dinyatakan berkompeten,” ujar Koordinator Penguji Ainur Rohim, pada acara penutupan UKW,Jumat 19 Januari 2024 di Prime Park Hotel.

Selaku Koordinator Penguji Ainur Rohim menyampaikan bahwa, Pelaksanaan UKW berjalan dengan baik.

Ia menjelaskan 10 orang Tim Penguji yang terdiri dari 8 orang Penguji dari PWI Pusat yang berasal dari berbagai Daerah, 2 orang Penguji PWI Pusat berasal dari NTB, telah memberikan penilaian.

” Dari hasil Penilaian atas 10 modul yang di kerjakan, kami memberikan penilaian Berkompeten kepada 43 orang, dan belum berkompeten kepada 3 orang,”ujarnya saat mengumumkan penilaian hasil uji kompetensi.

Ainur Rohim menjelaskan bahwa UKW di ikuti 46 peserta terdiri dari, 10 orang peserta Jenjang Utama, 9 orang peserta Jenjang Masya dan 15 orang peserta Jenjang Muda.

“Penilaian Belum Berkompeten itu pada Jenjang Muda”ujarnya.

Ainur menjelaskan bahwa bagi Peserta UKW Jenjang Muda, penilaian ada pada bagaimana Ketrampilan saat melakukan peliputan, yakni mulai dari kegiatan wartawan mencari, memperoleh, memiliki,menyimpan,mengolah dan menyampaikan informasi.

Bagaimana melakukan riset atau investigasi, dan juga kecakapan dalam penggunaan alat teknologi informasi, ujarnya.

Ainur berharap bagi peserta yang belum berkompeten bisa mengulang pada penyelenggaraan UKW mendatang.

Pelaksanaan UKW PWI Pusat ini bekerja sama dengan BUMN, antara lain PT Bank Mandiri Tbk, PT Semen Indonesia Tbk bersama Forum Humas BUMN.(Sura)