BNPT RI Bangun Kesiapsiagaan Nasional Wilayah IKN dari Ancaman Terorisme

harianamanat.com

BALIKPAPAN, -Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) melakukan upaya meminimalisir potensi resiko di Kalimantan Timur dengan menggelar pelatihan Mitigasi Aksi Terorisme Integrative (K/L/D/I/) selama tiga hari berturut-turut, 11 hingga 12 Oktober 2023.

Pelatihan ini merupakan bagian dari membangun Kesiapsiagaan Nasional mengingat Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kalimantan Timur.

“Kesiapsiagaan ini diharapkan dapat mendukung stabilitas keamanan serta meminimalisasi potensi risiko yang mungkin muncul bilamana terjadi aksi terorisme di wilayah Kalimantan Timur yang rentan berdampak pada kelancaran proyek pembangunan ibu kota negara (IKN)” jelas Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT RI Brigjen Pol Wawan Ridwan,S.I.K, S.H., M. H

Lebih lanjut, Direktur Pembinaan Kemampuan juga menegaskan bahwa upaya membangun kesiapsiagaan dalam penanggulangan terorisme merupakan tanggung jawab bersama.

“Sebagaimana kita yakini bersama, upaya penanggulangan terorisme adalah tanggung jawab segenap komponen bangsa dan negara, yang dalam tahap pelaksanaannya disesuaikan dengan peran dan fungsi tiap komponen,” ujarnya.

Kepada setiap peserta, Wawan pun berharap melalui acara pelatihan dapat meningkatkan kapasitas dan sinergi antar personel dan instansi dalam upaya penanggulangan terorisme.

“Semoga dapat terwujud penguatan kerja sama dan sinergitas antar personel dan instansi dalam upaya penanggulangan terorisme di Indonesia,” katanya. (HMS)