Jelang MotoGP Indonesia, MGPA-ITDC Gelar Talkshow Lanskap

harianamanat.com

Mandalika Lombok,- Dalam rangka perkembangan Sport Tourism sebagai destinasi di Kawasan Mandalika, maka diselenggarakannya talkshow dialog lanskap.

PJ Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Lalu Gita Ariadi mengatakan, bahwa dampak dari ajang MotoGP ini sangat membantu perekonomian NTB yang menyebar dari mandalika hingga keluar dari Kawasan tersebut, hal ini menjadikan akan sangat mendukung program – program yang akan digelar,
Mendukung perhelatan MotoGP 2023 dan kedepannya untuk Sport Tourism berkembang .

Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri mengatakan, Pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif dan keamanan keselamatan pariwisata. Infrastruktur 289 hektar, ketika dilaksanakannya MotoGP 2022 itu mendapatkan reaksi positif sehingga dikembangkan Kembali untuk lebih baik lagi.

Harapan kami adalah dari bandara bisa melewati akses mawun.

Perjuangan ini tidak hanya dari pemerintah tapi dari kita semua, ujarnya.

Pembangunan rumah sakit mandalika di sengkol menambah fasilitas juga terhadap masyarakat sekitar.

Diadakannya motogp ini berkesinambungan dengan perkembangan dari Kawasan sekitarnya dimana dibangunnya beach club, surf spot, hotel, restaurant, dll yang dikontribusikan juga oleh keinginan masyarakat untuk berprogres lebih baik.

Kemenko Marves membangun BBWI, ibu Liz Zeny Merry, memastikan 5 kawasan yang dimayoritaskan, bila ingin serius membangun NTB maka semua dinas menjadi dinas pariwisata.
Hal ini perlu keberanian dan itu perlu komitmen. Bagaimana membangun sport tourism, dengan membuat dan membibitkan komunitas sehingga antusiasmenya meningkat apabila adanya event” berlangsung

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata Injourney Maya C. Watono menyatakan, awal tahun depan aviasi seperti garuda dan citilink, dikarenakan pentingnya development dan hubungan dengan pemerintah daerah untuk memfokuskan kepada satu destinasi.

Asset pariwisata di Indonesia itu nomor satu di asia tenggara dari sisi alam, culture namun sayangnya saat kita menconvert menjadi uang menjadi nomor 5.

Potensi kita sangat luar biasa, dan itu berawal dari destinasi dan Mandalika menjadi salah satu konsepnya, dan menjadi jewel di mata luar.

Perjalanan cukup Panjang dan berat, kita harus memasukkan effort untuk 5-10 tahun kedepan.
Dan mandalika menjadi sport entertainment tourism.

Direktur ITDC Ari Respati menyatakan, Sebelum kita jauh verification maupun sport atau health tourism, hal ini sudah tertanam sudah baik.tanpa adanya sifat kolaborasi maka tidak akan terjadinya motogp ini.
Harus memangkas birokrasi dan membangun kebersamaan.

Sudah membahas mengenai update yang sudah dilaksanakan didalam Pertamina Mandalika International Circuit dan juga kegiatan yang sudah mulai ramai didalam sirkuit ini.

Dampak Nasional 4,5 T yang berdampak diluar dari Kawasan itu sendiri. Total impact dari penonton selama 4 minggu di ajang MotoGP ini 887 M. dan untuk serapan tenaga kerja sudah sangat berkembang dari tahun sebelumnya dimana hampi 90% berasal dari Lombok berjumlah kurang lebih 4,600 orang.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menyatakan, Sisi tourism ini terbagi dalam sirkuit yaitu technical dan hospitality, untuk contoh apabila marshal kami bekerja untuk menjaga keselamatan dan keamanan di sirkuit mereka juga dapat membantu client – client kami yang mengadakan acara dengan Kawasan diluar sirkuit yang memang daerah mereka sendiri.

Proses kesiapan didalam sirkuit memang dimulai landau dan meningkat dalam waktu dekat ini, tapi dengan bantuan dari Wakil Direktur Utama MGPA Samsul Purba dalam bagian operasional seperti infrastruktur modular, medical center, dan pengecetan ulang track yang sudah berjalan untuk kesuskesan MotoGP 2023 ini.

Diharapkan agar kita dapat bersinergi untuk kemajuan sport tourism bersama demi kesejahteraan Kawasan Mandalika.(mgpa)