Tekan Kerawanan Pangan Pemkab Bima Serahkan Beras kepada 54.320 warga tidak mampu

harianamanat.com

Kabupaten Bima,- Pemerintah Kabupaten Bima mengantisipasi akan naiknya harga pangan nasional khususnya Padi dan Beras.

Untuk itu pemerintah Kabupaten Bima mendistribusikan sebanyak 591.840 kg atau 591,84 ton beras Cadangan Beras Pemerintah (CBP) secara resmi dilepas kepada 54.320 orang penerima manfaat pada sejumlah kecamatan di Kabupaten Bima.

Penyaluran Beras Cadangan Pangan Pemerintah ditujukan untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stuntingdan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen, dan mengendalikan dampak inflasi.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, M.IP, Senin (18/9) yang melakukan launching di halaman pendopo Bupati Bima didampingi Staf Ahli Bupati Iwan Setiawan SE, Asisten I Fatahullah, S.Pd dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. H.M. Natsir mengungkapkan agar penyaluran beras ini dilakukan dengan baik.

“Tugas kita semua adalah mengawasi agar disalurkan dengan baik kepada para penerima manfaat dan tidak boleh ada pengurangan volume oleh siapapun”. Tegas Bupati Bima.

Pada launching tersebut, secara khusus Bupati menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik Pihak Bulog dengan menyediakan beras berkualitas.
Dalam penyaluran Beras Bantuan Pangan CBP tahap II Kabupaten Bima, tahun 2023.

Total beras bantuan yang dialokasikan kepada Kabupaten Bima periode September – November sebanyak 1.629,6 ton.

Penyelenggaraan penyaluran CPP untuk pemberian Bantuan Pangan dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional melalui penugasan kepada Perum BULOG.

Agar penyaluran berjalan optimal, Kepala Badan Pangan Nasional RI menerbitkan SK tentang Petunjuk teknis penyaluran cadangan pangan tahap kedua tahun 2023.(pyan)