HMS Beri Mobil Off Road kepada Desa Soritatanga Untuk Jelajah Kawasan TNT

harianamanat.com

Kabupaten Dompu,- Anggota DPR RI Komisi IV Dr. H. Muhammad Syafrudin, ST., MM memberikan bantuan Mobil Offroad untuk menunjang wisata pendakian Taman Nasional Tambora senilai Rp. 150.000.000.

Hal itu dilakukan saat kunjungan kerja ke wilayah kerja Balai Taman Nasional Tambora, pada tanggal 8 hingga 11 Juli 2023, dan
memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat, bertempat di Desa Soritatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu dan Desa Kawinda toi kecamatan Tambora Kabupaten Bima.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, wakil rakyat yang akrab di sapa HMS ini menyerahkan bantuan ekonomi kepada masyarakat dengan jenis bantuan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan masyarakat tentunya.

bantuan kendaraan off road itu diserahkan HMS kepada Kelompok Doro Ncanga Offroad (Desa Sori Tatanga dan Desa Doropeti) untuk menunjang wisata pendakian Taman Nasional Tambora.

Bantuan mobil offroad ini sebagai komitmen untuk mengembangkan wisata pendakian offroad di Taman Nasional Tambora yang tidak ditemukan ditempat lain.

Kepala Balai Taman Nasional Tambora Deny Rahadi menyampaikan pentingnya menjaga Taman Nasional Tambora sebagai aset yang peruntukannya bagi kepentingan wisata, jelasnya

Kepala Balai Deny Rahadi mengatakan, masyarakat harus siap menyambut kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tambora.

Karena kawasan ini telah bermetamorfosa menjadi destinasi wisata.

Kondisi ini dibuktikan dengan jumlah kunjungan wisata pada semester I sebanyak 11 ribu kunjungan sesuai laporan kepada Kepala Balai Taman Nasional Tambora.

Ia menjelaskan bahwa Anggota DPR RI dari PAN HMS melakukan pendakian.

” HMS melakukan kunjungan pendakian melalui jalur Piong, dan menapaki puncak Gunung Tambora dengan ketinggian 2415 Mdpl.

dan Pak HMS melihat penerapan teknologi sederhana berupa embun trape yang dikembangkan Balai Taman Nasional Tambora.” ujarnya kepala TNT ini.

Deny Rahadi menerangkan,embun trape tersebut, sebagai alat mengumpulkan air embun di pos 5 jalur pendakian Piong untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi pendaki Taman Nasional Tambora.

” Di titik 2415 Mdpl puncak Gunung Tambora Jalur Wisata Pendakian Piong, HMS memviralkan tagline Taman Nasional Tambora yaitu “Siapa Kita…..Squad Gunung Tambora” dan “The Truly Caldera” ungkapnya (Sura)