Keterlibatan Masyarakat Sipil Jadi Poin Penting Efektivitas Pelaksanaan RAN PE

harianamanat.com

Sentul,– Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI), Bangbang Surono, Ak., M.M., CA., mengatakan pelaksanaan RAN PE memerlukan keterlibatan aktif seluruh pihak agar berjalan secara efektif sekaligus memperkuat kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sipil dalam membangun masyarakat yang lebih aman dan toleran.

Menurutnya Kerjasama dan pelibatan masyarakat sipil bahkan menjadi salah poin penting yang menentukan keberhasilan pelaksanaan RAN PE.

“Keterlibatan masyarakat sipil menjadi salah satu poin yang menentukan keberhasilan pelaksanaan RAN PE saat ini. Keterlibatan aktif masyarakat sipil melalui pokja tematis juga telah memberikan nilai tambah dalam bentuk pengetahuan dan pengalaman yang beragam dari berbagai sektor masyarakat terhadap implementasi RAN PE.,” jelas Sekretaris Utama BNPT RI, Bangbang Surono, Ak., M.M., CA. saat memimpin Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Tematis 2023 Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan di Gedung BUMN, Jakarta pada Selasa (27/06).

Bangbang Surono menambahkan bahwa RAN PE telah memberikan kontribusi positif dan menunjukan hasil capaian kerja organisasi masyarakat sipil yang signifikan dalam menjalankan upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia.

“Capaian ini tidak hanya menjadi pendorong terhadap keberlanjutan terhadap upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme, namun juga dapat memberikan inspirasi bagi kita semua untuk mewujudkan Indonesia yang lebih aman dan damai melalui kolaborasi multi-pihak ini,” tambah Sestama BNPT RI.

Dalam kesempatan tersebut Bangbang surono berharap Rapat koordinasi kedua pokja tematis ini dapat dioptimalkan untuk mendiskusikan berbagai langkah dan strategi pelaksanaan RAN PE tahun 2023.

“Kami juga berharap, kerja-kerja yang dilakukan oleh masyarakat sipil dapat menghasilkan rumusan-rumusan rekomendasi yang dapat dijadikan bahan masukan bagi pemerintah untuk dapat lebih mengoptimalkan pencapaian pelaksanaan RAN PE pada tahun 2023 ini,” Bangbang berharap.

Turut mendampingi Sestama BNPT RI, hadir pula Deputi bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT RI, Irjen. Pol. Ibnu Suhaendra, S.I.K., Direktur Perlindungan, Brigjen. Pol. Drs. Imam Margono, dan Direktur Penindakan, Brigjen. Pol M. Rosidi, S.I.K., M.H.(HMS)