Menyongsong 2023 Untuk Dana Mbojo Maju dan Indah

harianamanat.com

Hari ini Sabtu 31 Desember 2022, merupakan hari terakhir kalender tahun 2022.

Biasanya momment ini digunakan untuk merefleksikan apa saja yang telah dilakukan selama satu tahun ke belakang, serta menyusun rencana ke depan agar lebih baik.

Dan harianamanat.com mencoba mengingat atas semua peristiwa pada tahun 2022 yang tercatat atas liputan maupun yang luput dari liputan.

Tahun 2022 bagi Pemerintahan IDP – Dahlan dan juga Pemerintahan Lutfi-Feri, merupakan merupakan tahun Penghargaan.

Dimasa Pandemi dan dimana seluruh daerah di Indonesia mengalami krisis akibat Pandemi,
Kabupaten dan Kota Bima mencatat lembaran yang optimis.

Usai memusatkan perhatian sepenuhnya pada upaya Pemulihan Kesehatan Sosial akibat Pandemi, perlahan dan pasti Pemerintahan IDP DAHLAN dan Pemerintahan LUTFER mampu mengatasi perekonomian daerah dengan menekan lajunya inflasi.

harianamanat.com mencatat ada beberapa hal yang mendapat perhatian serius dari kedua Kepala Daerah ini, diantaranya:

pertama, Pengentasan Kemiskinan dan Pencegahan Stunting.

Kedua, Pemberdayaan UMKM.

Ketiga, Polarisasi RDKK ketersediaan Pupuk dan Obat-obatan pertanian.

Keempat Rasionalisasi Badan Milik Daerah (Aset) melalui Penyerahan 391 Aset Pemkab Bima yang berada di wilayah Perkotaan.

Kelima, Perbaikan Lingkungan dan Pariwisata.

Keenam, Memperkecil Resiko Bencana.

Ketujuh, Literasi Gerakan Merdeka Belajar.

Ada peningkatan integritas, kredibiltas serta fokus dan kualitas kerja menuju masa depan dan pencapaian visi kedua daerah, itu di buktikan dengan berbagai Penghargaan Inovasi dan Wajar Tanpa Pengecualian yang diterima Bupati Hj.Indah Dhamayanti Putri,SE dan juga Walikota H.Muhammad Lutfi,SE.

Cara Komunikasi yang terus dipelihara Bupati IDP dan Walikota HML atas seluruh OPD melahirkan semangat baru pada generasi-generasi muda dijajaran OPD.

Ada upaya peningkatkan profesionalitas, kreatifitas dan inovasi di bidang tugas masing-masing, dan usaha menjaga baik kredibilitas, integritas serta akuntabilitas institusional maupun pribadi.

Dalam pencegahan Stunting dan pengentasan kemiskinan, Pemkab Bima dan Pemkot Bima terus berupaya dengan menurunkan angka stunting 2% pertahun, sehingga wajar jika Pemprov dan Kementrian Kesehatan memberikan Penghargaan atas capaian tersebut.
Begitu juga dalam upaya meringankan beban masyarakat miskin, Pemkab dan Pemkot Bima memberikan bantuan stimulan, baik berupa Bedah Rumah, perbaikan sanitasi dan juga bantuan langsung berupa sembako.

Pemulihan Ekonomi pasca Pandemi menjadi perhatian khusus Bupati IDP dan Walikota HML.
Bantuan kepada para pemilik UMKM, terus di gulirkan baik bantuan misal tunai, peralatan maupun pelatihan melalui Disperindag, Dinas Koperasi dan juga Disnakertrans.
Visi Misi membuka Lapangan Kerja melalui inovasi dan kreatifitas Pelaku UMKM tercapai.

Sebagai Salah satu Daerah Penyangga Pangan Nasional, Pemkab Bima terus berupaya memperbaiki infrasturktur pertanian dan juga dalam penanggulangan distribusi pupuk.

Pemkab Bima bekerja sama dengan TNI-Polri melakukan mapping peta distribusi pupuk.
Pendistribusian tidak terpusat hanya pada satu Distributor Bolo saja, tetapi merata di seluruh kecamatan.
Sehingga memudahkan pengawasan dalam pendistribusian Pupuk berdasarkan usulan RDKK dari Kelompok Tani.
Dan Pemkot Bima sebagai daerah Jasa, bersinergi dalam memberikan pelayanan pendistribusian baik melalui Jasa Perhubungan Darat, Laut dan Udara.

Agustus 2022 Pemkab Bima, menyerahkan 391 Aset kepada Pemerintah Kota, tanggal 23 Desember lalu, seluruh Aset Pemkab Bima telah diserahkan dalam bentuk Sertifikat Tanah dan Bangunan.
Penyerahan itu langsung dilakukan oleh Bupati Bima kepada walikota HM.Lutfi yang di saksikan Wakil Gubernur NTB.
sedangkan penyerahan barang berupa sertifikat di serahkan Sekda Bima HM.Taaufik kepada Sekda Kota Bima Mukhtar Landa,S.Sos.

Dalam upaya untuk memajukan Sektor Pariwisata dan memperbaiki Lingkungan.
Pemkab Bima dalam RAPBD 2023 mendatang telah menambah anggaran sektor Pariwisata dalam upaya membangun Destinasi Wisata SaLaSa (Sangiang-Lambu-Sape).
Sedangkan Pemkot Bima, Lawata adalah ikon Pengbangan Pariwisata Kota Bima dan itu dilakukan dengan mencanangkan 30 kalender event tahun 2023, yang terpusat di Lawata.

Untuk membantu Pengbangan Pariwisata dan memajukan Destinasi Wisata, Pemeliharaan Lingkungan sangat dibutuhkan.

Pemkab Bima dan Pemkot Bima, telah terbukti mampu menghadapi Bencana.
Untuk tetap tangguh dalam menghadapi bencana, Pemkab dan Pemkot Bima terus memperbaiki infrastruktur dengan upaya normalisasi sungai dan membangun pemukiman warga korban bencana alam.

Pendidikan adalah Sumber kekuatan untuk mencapai kemajuan bangsa. bagi Pemerintahan IDP DAHLAN dan Pemerintahan LUTFER memperkuat program Merdeka Belajar adalah tonggak pembentukan karakter Generasi Emas anak -anak Bima.
upaya untuk memajukan semua itu Pusat Perpustakaan Daerah di buat menarik dan unik, dengan berbagai program yang membantu Generasi Gemar Membaca.

Dan akhirnya puncak dari kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas, Rabu 28 Desember 2022, Presiden RI Joko Widodo hadir di Bima dalam menuntaskan Program Tangguh Bencana, dengan meresmikan Hunian Tetap bagi korban bencana banjir Kabupaten Bima.

Kehadiran Orang Nomor Satu di Negeri ini di manfaatkan oleh Kedua Kepala Daerah yakni Pemkab dan Pemkot Bima.

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri,SE, Wakil Bupati Bima Drs.H.Dahlan, Walikota Bima HM.Lutfi,SE dalam dialognya dengan Presiden Jokowi, memaparkan kondisi daerah dan harapannya kepada Pemerintah Pusat.

IDP DAHLAN mengharapkan agar Jembatan Lewa Mori segera di realisasikan.
Pengembangan Pariwisata Daerah khususnya jalur Pesisir Kabupaten Bima bisa mendapat perhatian dan bantuan Pemerintah Pusat.

Begitu juga dengan LUTFER berharap agar Presiden bisa menganggarkan Pembangunan Bendungan dengan kapasitas 52 ribu kubik yang mampu mengairi persawahan di seluruh Kota Bima dan mampu menanggulangi banjir.

Harapan Kedua Pemerintahan di DANA MBOJO ini di sanggupi Presiden Jokowi.

” Bima Sangat Indah, saya akan kembali ke Bima lagi,” jawab Presiden dengan singkat kepada harianamnat.com usai di ajak foto.

Sebuah harapan yang besar bagi daerah ini.

Seluruh Penghargaan yang di terima Bupati IDP dan Walikota HML, di tutup dengan Prestasi dialog yang membawa harapan baru bagi Pembangunan DANA MBOJO kedepan.

Sungguh Kalender tahun 2022 menjadi kalender akhir tahun yang cemerlang untuk menyongsong 2023 yang RAMAH akan Perubahan Bima Lebih Maju dan berdaya saing.

Penulis : Sri Miranti
Foto : Sahdan,Raka,Bhimo