HML : Fokus Tumbuhkan Kesadaran Budaya Bersih Dari Sampah

harian amanat.com.

Walikota Bima HM Lutfi Iskandar,SE mengatakan bahwa, pembangunan kota Bima saat ini dilaksanakan sesuai tipologi kawasan.

Kota Bima telah mengalami perubahan signifikan baik dari aspek fisik maupun aspek sosial budaya ekonomi dan lingkungan.

Menjawab pertanyaan harianamanat.com soal
fokus pembangunan disisa waktu 15 bulan usia kepemimpinannya.

Walikota HML mengungkapkan bahwa saat ini yang menjadi fokus pemerintahannya adalah menitik beratkan pada pembangunan sumber daya manusia.

” Pengembangan sumber dayang manusia, juga menumbuhkan kesadaran masyarakat kota untuk mencintai lingkungan bersih seperti halnya sampah, inilah yang menjadi fokus kita, diharapkan diusianya yang ke 20 ini masyarakatpun sadar bagaimana upaya menciptakan lingkungan bersih dari sampah,” ujarnya usai Upacara peringatan HUT Kota Bima yang ke 20, Minggu 10 April 2022, dihalaman kantor Walikota Bima.

HML menjelaskan bahwa saat ini dirinya tengah membangun klaster kawasan yakni, Kawasan barat sebagai pusat perdagangan dan jasa, tengah untuk pusat pemerintahan dan pendidikan, kawasan Timur untuk pengembangan pertanian perkebunan serta daerah konservasi.

Sesuai fungsinya untuk pengembangan pertanian perkebunan dan konservasi, di kawasan Timur Kota Bima, dibangun irigasi pertanian dan peningkatan Jalan ekonomi maupun jalan usaha tani, untuk menunjang kegiatan perdagangan dan jasa.

Berbagai infrastruktur perekonomian dibangun, selain itu penataan taman kota atau ruang terbuka hijau terus diupayakan.

Menurutnya ada beberapa titik strategis penataan kota, sebagai kota dengan motto Maja labo dahu, yang merupakan koridor pertumbuhan ekonomi yaitu lawata amahami pelabuhan Bima dan pantai kolo.

Khusus kawasan amahami terdapat taman amahami sebagai destinasi wisata lokal dan mancanegara.

HML juga membeberkan keberhasilan torehannya selama memimpin Kota Bima, yaitu pembangunan berupa infrastruktur, seperti perpustakaan, sayap kantor walikota, yang berfungsi untuk menampung sejumlah kantor kegiatan OPD.
masjid nur al-latif, Puskesmas, RSUD Kota dan akan menyelesaikan pembangunan masjid Agung Al muwahidin Bima, juga pengembangan pemberdayaan masyarakat command center merupakan layanan unggulan, sehingga informasi lebih cepat dan mudah diserap dari arus bawah, dan satu satu-satunya di NTB.

Upacara peringatan HUT Kota Bima ke 20, diawali dengan pembacaan sejarah singkat Kota Bima, oleh Drs.Adisan Sahidu.

Upacara HUT Kota Bima dihadiri oleh anggota DPR RI H. Syafrudin ST, MT. Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri,SW. Bupati Dompu Abdul Kadir Jaelani, Kapolres Bima kota AKBP Hendry novika Chandra, Dandim Letkol Muhammad Zia Ulhaq. Kejari Bima, Ketua ON Bima, Ketua DPRD kota beserta unsur pimpinan lainnya.
Ketua PPK Kota Hj.Ellya Alwaini, para pimpinan BUMN dan perwakilan perguruan tinggi ada pula Camat, Lurah, organisasi veteran, para kepala sekolah.

Peserta upacara dari Kepolisian, Brimob, TNI kompi senapan A, KNPI serta seluruh ASN pemerintah kota.(admin)