MotoGP Mandalika Yang Mendunia

HARIAN AMANAT, MANDALIKA LOTENG.

Balap MotoGP di sirkuit Mandalika telah selesai,
Pembalap Miguel Oliviera dari tim Red bull KTM berhasil keluar sebagai juara di Pertamina grand Prix of Indonesia MotoGP 2022, dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik.
Sedangkan Fabio Quartararo dari Yamaha dengan catatan waktu 33 menit 29,428 detik dan di posisi ketiga ditempati Johann zarco dari Ducati dengan catatan waktu 33 menit 30,381 detik.

Ketidak hadiran Marc Marquez yang jatuh pada sesi latihan awal di pagi hari membuat banyak penonton kecewa.

Marc Marquez pria kelahiran Spanyol tahun 1993 yang dijuluki baby alien ini mengalami kecelakaan saat sesi akhir latihan pagi hari.

Seperti yang dikatakan oleh Direktur MGPA Prihandi, Marquez terjatuh akibat Highside.

” Highside biasanya terjadi ketika pembalap kehilangan kendali pada roda belakang motor, saat hendak menikung. hal itu bisa terjadi karena rem belakang yang terkunci atau karena ban yang kehilangan traksi saat berakselerasi.

pemicunya bisa karena pengereman yang salah atau ban yang kehilangan daya cengkram, Highside merupakan jenis kecelakaan yang sering dialami pembalap MotoGP, highside bisa membuat pembalap mengalami cedera arah karena terpental dari motor dan menghantam permukaan dengan sangat keras,” ujarnya kepada Harianamanat.com saat ditemui usai penyelenggaraan MotoGP Minggu 20 Maret 2022 di Media Centre Indonesia.

Menurut Priandi kondisi Marquez baik-baik saja, bahkan sempat jalan saat terjadi kecelakaan.

” Namun untuk memulihkan kondisinya, harus istirahat, cederanya yang membuat Marquez tidak bisa turun berlaga, karena dikhawatirkan akan bertambah parah,” ujarnya.

MotoGP Grand Prix of Indonesia 2022 melahirkan The winner Oliviera.

Harus kita akui akan keberanian Presiden Jokowi melaksanakan Penyelenggaraan MotoGP tahun 2022 ini.
Padahal hanya Infrastruktur dalam kawasan sirkuit untuk adu balap saja yang memenuhi 100 persen seperti persyaratan Mr.Dorna.

Selebihnya mulai dari soal lahan Parkir yang masih becek, stand, toiled, taman, dan ketersediaan alat transportasi dalam kawasan sirkuit agar penonton tidak jalan kaki, perlu mendapat perhatian.

Tapi itulah kehebatan seorang Pemimpin yang mampu membaca potensi setiap wilayah di Negeri ini.
Presiden Jokowi mampu meyakinkan Mr.Dorna bahwa MotoGP bisa diselenggarakan di Mandalika.

Keberhasilan event MotoGP di kawasan Mandalika dan sirkuit internasional yang indah, dalam pelukan bukit dan tepian pantai.

Pantai elok yang selama ini lebih dikenal di pegiat selancar ombak, saat ini disukai oleh pegiat MotoGP. Harus dijaga karena ini merupakan Epicentrum yang bisa menjadi Branding kebangkitan Ekonomi Indonesia.

Keberanian Pemerintah RI melaksanakan MotoGP menjadi salah satu semangat baru bagi daerah-daerah lain sebagai Daerah Kawasan Destinasi Super Prioritas Negeri ini.

Sebut saja Likupang Minahasa Utara yang akan mengadakan event Empawering Woman Juni 2022 ini. Bupati Minahasa Utara bersama Gubernurnya hadir langsung di Lombok.

” Saya kagum dengan kawasan Mandalika, ini harus dijaga dan dirawat, event MotoGP sudah sukses, Likupang sebagai bahagian dari 5 kawasan Destinasi Super Prioritas akan saling berkoordinasi dan akan terus terintegrasi kerjasamanya kedepan, dengan Daerah kain dalam memajukan Pariwisata,” ujar Bupati Minahasa Utara Juone kepada harianamanat.com.

Iapun memuji keberanian Presiden Jokowi yang berani menyelenggarakan MotoGP dengan kondisi infrastruktur yang belum seutuhnya.

” perhitungan yang cerdas, dampak dari event MotoGP ini akan luar biasa bagi Indonesia, selama ini kita daerah mengharapkan kucuran anggaran dari pusat, sekarang semua daerah punya potensi untuk membawa masyarakatnya lebih sejahtera,” ujarnya.

Potensi Mandalika sebagai penyelenggara MotoGp harus terus di branding.Karena seri MotoGP ditonton 432 juta rumah di lebih dari 200 negara.

MotoGP juga menjangkau 30 juta penggemar melalui media sosial serta platform digital dengan 12,2 miliar.
3 miliar penonton video.

Penonton MotoGP juga diikuti oleh 13,9 penggemar di Facebook, 1,2 juta di Instagram, 2 juta di Twitter dan 3, juta pelanggan di YouTube, serta 465.000 pengikut di tik tok.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakinkan bahwa Epicentrum MotoGP harus terus ditumbuhkan.

dihari pertama event MotoGP ada Rp.500 M peredaran perekonomian di kawasan Mandalika, begitu juga dengan jari kedua ada peningkatan, dan hari ketiga ini lebih dari Rp.1 T.

Untuk keberlanjutan pergerakan ekonomi dan kawasan Mandalika, pihaknya akan mengadakan rapat evaluasi besok di Jakarta atas pelaksanaan penyelenggaraan Grand Prix MotoGP ini.

” Besok kami akan adakan rapat evaluasi bersama seluruh stake holder penyelenggaraan, sehingga segala kekurangan akan dibahas dalam rapat evaluasi, ” ujarnya saat ditemui harianamanat.com usai penyelenggaraan MotoGP.

Mas Menteri Sandiaga memastikan bahwa Mr.Dorna dan MGPA telah mengadakan kontrak dengan Pemerintah Indonesia untuk Event MotoGP selama 10 tahun kedepan.

” Event Grand Prix of Mandalika Indonesia itu akan terselenggara setiap tahun, oleh sebab itu pemerintah akan fokus menyelesaikan seluruh infrastruktur pendukung dari 5 kawasan Destinasi Super Prioritas,” ujarnya.

Alhamdulillah, perhelatan ajang olah raga kelas dunia yang memiliki 2,5 miliar penggemar diseluruh dunia ini harus terus dijaga.kawasan Mandalika yang indah, kehidupan masyarakat tradisionalnya perlu dilestarikan. Kita ciptakan Indonesia sesungguhnya yang hidup dari hijaunya pegunungan, birunya lautan dan kuning terik mataharinya. Nusantara yang kaya yang berada di haluan khatulistiwa.

.” Tanah Air ku Indonesia
Negeri Elok Amat ku cinta
Nyiur melambai ditepi pantai….
Tanah tumpah darahku yang mulia…” (Reporter Sri Miranti )

Foto : MotoGP dan pribadi