Atensi Sinyal Desa Piong,Kominfotik Lakukan Rakernis

Harianamanat,BIMA-

Menindaklanjuti atensi masyarakat Desa Piong Kecamatan Sanggar, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima, Senin (4/10/2022) pagi, menggelar rapat teknis secara virtual (zoom meeting) dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Rapat selain dihadiri oleh PMU BAKTI, Indra Heryanto, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima, Kamaruddin, S.Sos, yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK), Drs. Muhammad, Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Diseminasi Informasi (KPDI), H. Suaeb HMY, S.Sos, Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi dan Pengendalian, Muhammad Irfan, ST.,M.Eng, juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi NTB, Herry Agustiadi, Camat Sanggar, Ahmad, SH, Kepala Desa Piong, Ismail, Ketua BPD Desa Piong serta perwakilan dari PT. SEI.

Terkait permasalahan sinyal yang menjadi atensi masyarakat Desa Piong, secara teknis dijelaskan Indra Heryanto, bahwa kendala utamanya adalah letak geografis desa yang dikeliling (diapit) oleh bukit. Kondisi ini, menyebabkan kesulitan untuk mendapatkan sinyal dari Base Transceiver Station (BTS) lainnya.

“Letak geografis yang diapit oleh beberapa bukit tersebut yang menyebabkan sinyal di Desa Piong sangat lemah, “ jelas Indra.

“Secara umum kami sangat kesulitan menentukan titik koordinat yang tepat, sehingga komunikasi antar BTS bisa berjalan dengan baik, “ urai Indra secara rinci.

Dijelaskan pula, kendala teknis tersebut untuk sementara Desa Piong dan sekitarnya menggunakan Teknologi V-SAT. Walau diakui V-SAT memiliki kuota yang terbatas, sehingga belum mampu secara maksimal memenuhi kebutuhan akan penggunakan data yang besar.

“Teknologi V-SAT belum mampu menjawab secara tuntas kebutuhan akses data karena kuota yang terbatas, “ urainya.

Menutup penjelasannya, ditegaskan bahwa BAKTI dan Telkomsel akan segera menindaklanjuti dengan menggelar rapat internal untuk mengatasi persoalan sinyal dimaksud.

Seperti diketahui, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE telah menyikapi persoalan sinyal di Desa Piong dan Desa Lido dengan bersurat ke BAKTI untuk segera menindaklanjuti terkait persoalan sinyal di Desa Piong, juga persoalan terkait area blank spot di wilayah Kabupaten Bima.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima, Kamaruddin, S.Sos dalam rapat menegaskan, atas nama pemerintah daerah, Dinas Kominfo dan Statistik akan terus secara intens mengawal proses dan menuntaskan blank spot area di wilayah Kabupaten Bima, sehingga target Merdeka Sinyal di Kabupaten Bima segera tercapai.

“Kami akan terus mengawal secara intens proses dan tahapan terhadap persoalan sinyal dan blank spot area di wilayah Kabupaten Bima, sehingga target Merdeka Sinyal akan segera di tuntaskan, “ tegasnya. (Dan Kominfo Bima)