Berkah Wisata Oi Tampuro Bima

Harianamanat.com,Bima- Kawasan Wisata Mada Oi Tampuro terletak di Desa Oi Saro, Kecamatan Sanggar, di kawasan Gunung Tambora,Kabupaten Bima NTB.

Gunung Tambora adalah sebuah Gunung yang berada diwilayah Kabupaten Bima NTB. Gunung ini memiliki puluhan hingga ratusan mata air yang begitu jernih.

Aliran-aliran air diwilayah sekeliling Gunung Tambora ini ada yang berbentuk Air Terjun, ada juga air yang mengalir menuju sungai-sungai di wilayah Kecamatan Tambora dan Kecamatan Sanggar.

Oi Tampuro ada sebuah mata air yang keluar dari bawah dinding batu yang berbentuk kolam, dan yang lainnya dibiarkan mengalir begitu saja ke arah laut.
Ada mata air yang langsung tercampur dengan air laut, yang langsung menuju danau di tepi laut dan dikelilingi hutan bakau atau mangrove.

Oi Tampuro memiliki dua kolam buatan yang dibentuk oleh pengelola dengan memaksimalkan bebatuan di Mada Oi Tampuro. Ada kolam dengan ukuran besar berkapasitas sekitar 10 orang dewasa dan ada kolam kecil yang bisa diakses oleh sekitar empat orang yang ingin berenang.

Di kolam-kolam ini, sebenarnya seberapa pun banyaknya pengunjung yang ingin berenang, air di kolam-kolam tersebut tidak akan keruh.

Beningnya air di dalam kolam bahkan bisa memperlihatkan dasar kolam yang berisi pasir hitam, hasil dari letusan Gunung Tambora.

Di waduk pun, airnya begitu jernih. Tentu saja bisa dijadikan tempat menyebur. Hanya saja, airnya adalah air payau. Di dasar waduk juga ada banyak sekali tiram yang menempel di bebatuan bahkan pinggir waduk. Sehingga bagi kalian yang ingin mencoba sensasi berenang di kolam yang lebih besar harus lebih hati-hati.

Sayangnya tempat wisata yang sudah dikelola TN Geopark Tambora ini kurang terawat, ada banyak fasilitas umum yang rusak, sampah berserakan di mana-mana, bahkan ada banyak plastik berukuran kecil mengendap di dasar kolam pemandian.

Airnya yang jernih dan menyegarkan, mampu memperlihatkan sampah plastik yang mengendap dibawah dasar pasir kolam terlihat sangat jelas.

Saat kami berkunjung ke tempat ini, Sabtu 2 Oktober 2021, ada banyak sekali pengunjung yang sengaja datang untuk menikmati kolam pemandian di Mada Oi Tampuro.

Tempat wisata ini memiliki potensi untuk dikembangkan.
Tempat wisata ini masih asri dan asli, belum ada yang ditambah bahkan diperbaiki.
Semoga kedepan lokasi wisata yang satu ini menjadi Tempat Tujuan Wisata bagi Desa Wisata Oi Saro, Kabupaten Bima.(Sri)