Umi Ellya ; Gerakan HATINYA PKK


Kota Bima, harianamanat.com,- Ketua TP.PKK Kota Bima Hj. Ellya Alwaini mengajak warga masyarakat Kota Bima, untuk mendukung program Bertani dari Rumah dengan tema HATINYA (Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman ) PKK, hal itu ditandai dengan dibagikannya berbagai jenis bibit sayur , bibit lele dan bibit obat-obatan.


Pembagian bibit sayuran, lele dan jenis obat-oabat itu dilakukan secara simbolis melalui Ketua PKK kelurahan Ule, melayu, dan kolo, Kecamatan Asakota.
Saat ini TP.PKK punya misi yakni menggerakan perempuan khususnya ibu-ibu untuk bisa lakukan bertani dari rumah, sehingga halaman asri, teratur,indah dan nyaman.
Hj.Ellya mengatakan bahwa, tujuan program HATINYA PKK ini adalah untuk menciptakan ketahanan pangan keluarga.


Maksudnya agar keluarga dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk mencukupi kebutuhan bahan pokoknya, seperti halnya menanam sayur, apotik hidup, dan membuat kolam ikan.


Menurut Ketua TP.PKK Kota Bima ini bahwa, pemanfaatan pekarangan rumah bisa meningkatkan pendapatan keluarga, dengan memanfaatkan lahan – lahan pekarangan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan dan peningkatan ekonomi keluarga.


“ mari kita memanfaatkan pekarangan rumah kita untuk memenuhi kebutuhan harian bahkan untuk menambah penghasilan, dengan menanam sayur-sayuran kita bisa hemat Rp.20 rb /hari, dengan budidaya lele menggunakan ember kita bisa hemat Rp.50 rb/sehari, dengan menanam apotik hidup kita bisa bersedekah kesehatan untuk diri dan lingkungan kita,”ujarnya Sabtu 21 Agustus 2021, di halaman Kantor Lurah Melayu.


Karenanya gerakan HATINYA PKK bertujuan mengajak masyarakat dapat melakukan pemanfaatan pekarangan rumah dengan sebaik-baiknya.


“Semoga kegiatan ini akan membawa manfaat bagi warga di kota Bima,”ujar Umi Ellya wanita cantik, ramah dan rendah hati ini.


Acara pembagian bibit sayur, lele dan obat ini dihadiri oleh Camat Asa Kota, Suriadin S.Pd, Ketua PKK kelurahan Ule suharti S.kep Ns, Ketua PKK Kelurahan Melayu Rohana Nahyar Munkar, Ketua PKK Kelurahan Kolo,serta ketua PKK Kecamatan Asa Kota, Marlina S.Pd.(admin)