Gub Zul dan Bupati Indah Bantu Korban Banjir

Bima,Harian amanat.com,- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc., bersama Bupati Bima, Hj.Indah Dhamayanti Putri,SE. turun langsung keberbagai lokasi bencana banjir di Bima sekaligus menyerahkan bantuan.

Gubernur Zul meminta agar warga masyarakat mengambil hikmah dari bencana banjir ini sebagai sebuah ujian, bukan untuk saling menyalahkan.

“Lakukan apa yang bisa kita bantu dan jangan saling menyalahkan, karena bencana itu kehendak Allah,” ujar Gubernur saat melihat langsung kondisi masyarakat Desa Sie Kecamatan Monta, Sabtu 3 April.

Saat ini kondisi telah berangsur pulih karena banjir yang mulai surut.
Sejak Kamis (01/04) banjir di Kabupaten Bima terjadi karena curah hujan yang hampir merata dengan intensitas ringan-sedang hingga deras.

Berdasarkan laporan dan data dari Tagana Kabupaten Bima, jumlah korban banjir di Kecamatan Monta 1.414 kk atau 5.362 jiwa. kecamatan Bolo 1.762 KK atau 6.312.
kecamatan Woha 8.981 KK atau 17.501 jiwa.
Kecamatan Madapangga 991 KK atau 2.973 jiwa.

Guna menyiapkan langkah antisipasi dan penanggulangan, BPBD Kabupaten Bima telah melakukan assessment dan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan dan Desa terdampak serta menyiapkan bantuan logistik untuk diberikan kepada warga terdampak banjir.

Demikian juga dengan BPBD Provinsi NTB telah melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bima untuk pemberian bantuan logistik lanjutan kepada warga terdampak banjir diantaranya : Selimut, Terpal, Paket sandang, Paket lauk pauk, Paket makanan siap saji, Paket tambahan gizi, Paket perlengkapan bayi, Paket perlengkapan keluarga, Mie instan dan Air minum.

Sementara Bupati Bima Hj.Indah mengatakan agar seluruh OPD, Camat dan Kades terus lakukan koordinasi dan tanggap darurat.
” Terimakasih untuk Para Kadis dan Jajarannya, Camat serta Kades karena langsung turun ke lokasi untuk membantu korban banjir.”

Bupati Indah juga mengucapkan terimakasih kepada para Relawan dari berbagai organisasi dan daerah lain yang telah memberikan sumbangsih dan perhatian bagi warga Kabupaten Bima yang berdampak banjir di 6 kecamatan.
” Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bima mengucapkan ribuan terimakasih atas doa dan perhatian dari para Relawan, Pemkot Bima, Pemkab Dompu, Pemprov yang sudah bahu membahu membantu keluarga besar kami di Bima yang berdampak banjir, kiranya Allah mencatatnya sebagai Pahala.”

Bupati Indah juga mengharapkan agar para keluarga korban banjir bandang sabar, tabah dan diberikan kekuatan iman dalam menghadapi ujian yang diterima.

Masyarakat untuk dihimbau tetap waspada terhadap kejadian bencana yang dapat terjadi secara tiba-tiba, memasuki ujung musim penghujan disertai dengan periode fenomena La Nina yang masih terjadi.

Hingga berita ini diturunkan, Pemkab Bima melalui BPBD,TNI -Polri, Pihak Kecamatan dan para Kades telah mendirikan Posko disetiap desa yang berdampak banjir bandang.(admin)