Bamsoet Pastikan MotoGP Mandalika Siap Digelar Oktober ini

harianamanat.com

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menegaskan Kejuaraan Internasional MotoGP Mandalika siap digelar pada tanggal 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB. Diharapkan semua pihak mendukung kesuksesan penyelenggaraan ajang kedua MotoGP yang digelar di Mandalika.

“Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023 akan memperkuat ikon Mandalika sebagai sport tourism di NTB. Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP Mandalika juga akan memberikan multiplayer effect bagi Indonesia. Selain akan meningkatkan country branding Indonesia dan Mandalika, juga untuk membuktikan Indonesia mampu menggelar event balap motor internasional yang bergengsi dan spektakuler,” ujar Bamsoet saat Press Conference MotoGP Mandalika 2023 di Jakarta, Selasa (3/10/23).

Hadir antara lain Wakil Menteri BUMN Kartika Wiroatmodjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, Direktur Utama ITDC Ari Respati serta Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono.

Sementara Pengurus IMI Pusat yang hadir antara lain Wakil Ketua Umum Rifat Sungkar, Ananda Mikola dan Junaidi Elvis, Hubungan Antar Lembaga Erwin MP serta Komunikasi dan Media Dwi Nugroho.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan MotoGP Mandalika 2023. Mulai dari kesiapan infrastruktur dasar kawasan, seperti akses jalan kawasan, jaringan utilitas (listrik, air bersih dan internet), trotoar, penerangan jalan umum, area parkir, sistem pengamanan, manajemen pemadam kebakaran, penanganan sosial dan pengendali satwa, hingga waste management dan penyediaan transportasi kawasan.

“Gelaran MotoGP Mandalika 2023 juga akan menghadirkan beragam side event menarik. Semisal, program Mandalika Beats yakni konser musik dari artis atau musisi internasional, test ride area, entertainment stage dan food & beverages area, serta program acara Bikers Lot yang disiapkan untuk memberikan pengalaman tidak terlupakan bagi para pengunjung dan penggemar otomotif,” kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, sekitar 800 stand UMKM akan terlibat dalam gelaran MotoGP Mandalika 2023. Ditargetkan perputaran uang dari akomodasi dan UMKM mencapai Rp 42,70 miliar, perputaran uang di sektor makanan dan minuman mencapai Rp 23,08 miliar, merchandise Rp 12,98 miliar serta menyerap 4.600 orang tenaga kerja dan volunteer, termasuk marshall dari dalam negeri.

“Pada gelaran MotoGP Mandalika 2022 lalu, mampu menyerap penonton yang datang langsung ke Pertamina Mandalika International Street Circuit sebanyak 102.801 penonton. Berdasarkan Kajian Litbang Kompas estimasi total belanja penonton mencapai Rp 697,88 miliar. Secara keseluruhan, MotoGP Mandalika 2022 dapat memberi dampak ekonomi nasional hingga Rp 4,5 triliun, serta dampak ekonomi lokal NTB mencapai Rp 3,57 triliun. Kita harapkan MotoGP Mandalika 2023 bisa memberikan income lebih besar lagi,” pungkas Bamsoet.(mom)