Pelaksanaan RAN PE Berkontribusi Naikan Angka Indeks Kerukunan Umat Beragama

harianamanat.com

Jakarta, – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) menjelaskan hasil kerja keras seluruh pihak dalam pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) telah berkontribusi terhadap Kondisi Makro Sosial yang lebih baik seperti adanya kenaikan angka Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB).

Kontribusi tersebut tercatat melalui Hasil Evaluasi Paruh Waktu (Mid Term Evaluation) 2 Tahun Pelaksanaan RAN PE yang diterbitkan oleh Tim Evaluator Independen.

“Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) yang sebelumnya tercatat 67,46% pada tahun 2021, menjadi 72,39% pada tahun 2022,” ungkap Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono Ak., M.M., CA., dalam kegiatan Focus Grup Discussion Capaian Dan Progres Pelaksanaan Implementasi RAN PE Kementerian/Lembaga Di Bawah Koordinasi Kemenko Polhukam di Bogor pada Selasa (19/9).

Sestama BNPT RI juga menyebut capaian baik RAN PE terlihat secara kuantitatif dimana tercatat 122 aksi dari 135 aksi (90,4%) telah dilaksanakan.

“Berdasarkan hasil identifikasi Sekretariat Bersama RAN PE, secara kuantitatif tercatat 122 aksi dari 135 aksi (90,4%). Dan untuk Tahun 2023, terdapat 91 aksi dengan 323 kegiatan yang dikomitmenkan oleh Kementerian/Lembaga untuk di jalankan,” katanya.

Dengan adanya sejumlah capaian baik pelaksanaan RAN PE ini, Sestama BNPT RI pun berharap kolaborasi dan kerjasama ini dapat terus dilanjutkan dalam rangka menciptakan Indonesia yang damai, harmoni dan tanpa kekerasan.

“Kiranya kolaborasi ini dapat terus kita lanjutkan sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama yaitu memberikan perlindungan hak atas rasa aman warga negara dari ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme dapat kita wujudkan,” ujarnya.

Mendukung pernyataan Sestama BNPT RI, mewakili Deputi V Kamtibmas Kemenko Polhukam, Asisten Deputi Bidang Penanganan Kejahatan Transnasional dan Kejahatan Luar Biasa, Brigjen Pol Dr Bambang Pristiwanto, SH, MH berharap seluruh kementerian terkait serta pemerintah daerah terus bersinergi dan berperan aktif dalam pelaksanaan RAN PE.

“Seluruh kementerian terkait dan pemerintah di daerah dapat bersama-sama bersinergi berperan aktif meningkatkan dan mengoptimalkan RAN PE,” jelasnya. (HMS)