Kepala BNPT RI Pastikan Seluruh Venue KTT ASEAN 2023 Penuhi Standar Keamanan

harianamanat.com

Labuan Bajo, – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) memiliki peran strategis dalam mendukung pengamanan KTT ASEAN 2023 yang diselenggarakan di Laboan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023.

Kepala BNPT RI, Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Pengamanan VVIP KTT ASEAN 2023 di Command Center KTT ASEAN. Rapat Kordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E.,M.M., C.S.F.A. dan didampingi oleh Kabaharkam Polri, Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si.

Kepala BNPT RI menyampaikan BNPT memiliki kewajiban untuk turut serta memastikan keamanan venue maupun personil yang terlibat di dalamnya.

“Kita melaksanakan screening terhadap para pegawai yang berada di dalam venue dengan lokasi-lokasi kegiatan termasuk akomodasi tempat wisata yang akan menjadi kunjungan para kepala negara untuk memastikan bahwa personel pegawai yang bekerja di sana betul-betul bisa dipertanggungjawabkan dan masuk dalam kategori aman,” jelas Rycko saat melakukan tinjauan di Golo Mori pada Selasa (9/5).

Peraih Adhi Makayasa Akpol 1988 ini mengatakan, standar pengamanan yang digunakan mengacu pada Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pedoman Perlindungan Sarana Prasarana Objek Vital yang Strategis dan Fasilitas Publik Dalam Pencegahan Tindak Pidana Terorisme.

Mantan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri ini juga menegaskan dukungan BNPT RI sebagai lembaga negara untuk turut mensukseskan perhelatan KTT ASEAN dengan menghadirkan situasi yang aman, nyaman serta bebas dari potensi aksi teror.

“Tentunya sebagai badan negara, tugas BNPT adalah memastikan bahwa seluruh sarana dan prasarana keamanan yang ada di semua venue termasuk lokasi acara yang ada di Labuan Bajo memenuhi standar keamanan khususnya sadar keamanan daripada serangan bahaya terorisme”, sebutnya.

Dalam menghadirkan kondusivitas, BNPT RI melakukan assessment beberapa lokasi penyelenggaraan berbagai kegiatan dari delegasi negara-negara peserta KTT ASEAN. Adapun ke- 6 lokasi tersebut diantaranya adalah Hotel Meruorah, Hotel Ayana, Hotel Sudamala, Hotel Bintang Flores, lokasi kegiatan Puncak Waringin serta Golomori yang akan menjadi salah satu destinasi wisata Labuan Bajo di masa yang akan datang.(HMS)