Warung NKRI Green Cafe Universitas Pasundan Wujud Penguatan Nilai Kebangsaan

harianamanat.com

Bandung – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) terus melakukan penguatan nilai – nilai kebangsaan di seluruh negeri.
Tujuan tersebut salah satunya diimplementasikan melalui pengembangan Warung NKRI (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan Negara Kesatuan Republik indonesia) di Kota Bandung, yakni Warung NKRI Green Cafe Universitas Pasundan, Bandung, Jl. Tamansari No.6-8, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat (17/3).

“Narasi – narasi terkait nilai – nilai kebangsaan akan memperkaya ruang publik kita, dan jika ini tumbuh berkembang maka pemahaman pemahaman kekerasan ekstrem tidak akan mudah diterima.

Terlebih, masyarakat pasundan sangat kaya akan budaya, mari kita lestarikan,” ucap Kepala BNPT RI Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar.

Warung NKRI merupakan salah satu ikhtiar merawat NKRI karena tempat ini menjadi wadah bertemunya mahasiswa, dosen dan masyarakat sekitar untuk berdialog dan berdiskusi secara informal jelas Rektor Universitas Pasundan Prof.Dr.Ir.H.Eddy Jusuf Sp, M.Si., MKom., IPU.

“Ini salah satu ikhtiar kita membuka ruang publik untuk merawat NKRI, nanti mahasiswa, dosen dan masyarakat bebas berdialog disini sambil ngopi. Akan dijadwal untuk para pengisi – pengisi dialognya,” terangnya.

Sementara itu, Jawa Barat sendiri memiliki beragam program penguatan nilai kebangsaan, salah satunya program Sekoper Cinta.
Program yang mendorong peranan perempuan untuk menjadi penjaga NKRI.

“Kami di jawa barat punya program sekoper cinta, menyasar 100 perempuan perdesa. Mereka dididik menjadi penjaga NKRI, ada kelas bela negara.
Kami menyasar perempuan – perempuan karena perempuan adalah kunci keluarga tanpa mengabaikan peran ayah.
Perempuan – perempuan ini diasah agar berfikiran terbuka, jadi tidak mudah dibisiki hal – hal yang salah,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Jawa Barat/Pendiri Jabar Bergerak Dr. Hj. Atalia Praratya, S.IP., M.I. Kom.

Acara peresmian dan Dialog Kebangsaan bertajuk “Melestarikan Budaya Bangsa Menuju Peradaban Indonesia Harmoni” turut dihadiri oleh mahasiswa universitas Pasundan dan merupakan tindak lanjut kunjungan kerja BNPT RI ke Universitas Pasundan, Februari silam.

Dialog kebangsaan yang dihadirkan diharapkan memperteguh nilai-nilai kebangsaan yang sudah seharusnya dijaga karena kemerdekaan yang kita raih tidak didapat dengan mudah, namun dengan pengorbanan dan ikhtiar pendahulu bangsa.(HMS)