Nyala Api Obor Menandai Pembukaan Porprov NTB ke XI

harianamanat.com

Kota Mataram,- Nyala Api Obor menandai di bukanya secara resmi ajang Akbar empat tahunan Pekan Olah Raga Provinsi NTB ke XI 2023.

Api Obor dari Api Abadi Doro Sangiang,Kecamatan Wera Kabupaten Bima itu, di sulut oleh Atlet Atletik Fadlin,SP.d asal Kota Bima yang merupakan Atlet Nasional yang telah meraih 4 medali Emas, 5 Perak dan 6 Perunggu baik pada PON, Sea Games maupun Olimpiade Internasional.

Poprov NTB ke XI 2023, di Buka Wakil Ketua KONI Pusat Mayjend TNI Suwarno.

Acara peresmian dipusatkan di Lapangan Sangkareang Kota Mataram sekaligus tuan rumah Poprov kali ini.

Menurut Ketua KONI NTB H.Mori Hanafi,SE.M.Com, Poprov kali ini di ikuti 4.450 atlit dari 35 Cabang Olah Raga yang akan dipertandingkan.

hal itu dilakukan dalam rangka antisipasi NTB dan NTT sebagai tuan rumah PON 2028, ujarnya saat memberikan Laporan kepada Gubernur NTB Dr.Zulkieflimansyah.

Menurutnya, Atlit disebar di 54 hotel
dan ada 38 venue untuk menggelar 35 Cabor, lokasinya di samping berada di kota mataram juga berada di Lombok Barat dan Lombok Tengah.

gelaran Poprov telah di dahului oleh Cabor sepak bola sejak tanggal 16 dan basket pada tanggal 18 februari 2023.

Dan Ketua KONI NTB Mori Hanafi juga menyampaikan terimakasihnya kepada semua yang telah mensponsori kegiatan Poprov NTB ke XI ini.

” Saya ucapkan terimakasih pada KONI pusat yang telah menetapkan NTB sebagai tuan rumah PON 2028.

Trimakasih kepada Gubernur DR.Zul yang telah memberi support sehingga acara ini bisa terlaksana.

Juga kepada Walikota Mataram, sahabat saya tercinta H.Moham Rolaskhana, dalam membantu acara pembukaan Poprov ini.

Seluruh OPD provinsi NTB yang telah banyak membantu, terutama Sekda Lalu Gita Aryadi, yang selalu memberikan dan mencurahkan perhatiannya untuk terselenggaranya acara ini.

Kepada Bank NTB syariah, Bank BNI,OJK, Anggota DPR RI Ir.H.Sari Yuliati, Juga para sponsor dan pihak lain dalam terwujudnya perhelatan ini.

Trimakasih kepada pak sekda, Walikota Mataram, Pak kadis Dikpora NTB, Terimakasih,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur NTB DR.Zulkieflimasyah
dalam sambutannya mengatakan bahwa, malam pembukaan Poprov ini adalah malam yang tidak biasa, keadaan kita juga tidak biasa, kita di uji dari berbagai keadaan, tetapi kita mampu melewatinya, sehingga kemeriahan pekan olah raga ini bisa kita nikmati bersama.

” Air Mata dan darah atlit, adalah warisan termahal, bukan sekedar medali yang ingin di raih tapi persahabatan dan persaudaraan.

Medali adalah hal yang penting, tetapi jangan sampai ada yang cedera, jadi harus junjung tinggi sportifitas dan dalam bingkai persahabatan.

Poprov ini adalah ajang untuk kita merajut kebersamaan dan kegembiraan.

NTB siap mengikuti PON Aceh tahun depan dan siap menjadi tuan rumah 2028″ ujar Gub Zul di sambut tepuk tangan meriah dari penonton yang hadir.

Acara pembukaan sendiri diawali oleh pawai para atlet, official, wasit, Gendang Belek dan tarian selamat datang yang menyambut para undangan yang hadir.

Penonton kemudian disuguhi lagu Poprov NTB ke XI 2023, mars NTB Gemilang yang dibawakan sejumlah penyanyi asal Lombok.

Defile seluruh kontingen dari 10 Kabupaten Kota memasuki Lapangan Sangkareang berurutan diawali oleh Kabupaten Bima disusul Kota Bima, Kab Dompu,Sumbawa,KSB,Lotim,Loteng, KLU, Lombok Barat diakhiri oleh Kota Matsram sebagai tuan rumah yang juga mendapatkan sambutan paling meriah.

Para tamu, atlet dan penonton berdiri tegap saat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang.

Bendera Poprov NTB ke XI kemudian memasuki lapangan dibawa oleh para Paskibra Provinsi NTB dan Kota Mataram.

Sejumlah Pejabat Pemprov NTB terlihat duduk di panggung kehormatan, Bupati Bima dan Wakil Bupati,Walikota Mataram, Bupati Dompu, Bupati Sumbawa dan Wakil Bupati, Bupati KSB,Bupati Lombok Timur, Bupati Lombok Tengah, Bupati Lombok Barat, ForkoPimda NTB dan Kota Mataram para pimpinan OPD terlihat di Panggung Kehormatan.(Sura)