Kumham Bergerak Imigrasi Menyapa

harianamanat.com

Lotara,- Sistim jemput bola yang dilakukan Kanwil Kemenkumham NTB melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Sabtu (11/2/2023), dalam memberi layanan keimigrasian bertajuk “Kumham Bergerak Imigrasi Menyapa “ menuai apresiasi positif publik.

Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Mataram Pungki Handoyo, S.H., M.H. mengatakan, Kumham Bergerak Imigrasi Menyapa di akhir pekan kedua bulan Februari 2023, dilaksanakan serentak di dua tempat berbeda yakni di Gili “eksotic” Trawangan, Lombok Utara dan Pulau Maringkik, Lombok Timur.

“Ini dilaksanakan selain untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, juga untuk mendukung peningkatan investasi khususnya bidang pariwisata di NTB,” ungkapnya.

Kepala Kanim Mataram yang putra asli Betawi itu menjelaskan, kegiatan Kumham Bergerak Imigrasi Menyapa yang dilaksanakan di Gili Trawangan, menyasar dan atau banyak dimanfaatkan warga negara asing (WNA).

“Kami memberikan layanan izin tinggal bagi WNA di Gili Trawangan, dimana ada beberapa jenis layanan yang kami buka bagi orang asing, seperti layanan perpanjangan Visa on Arrival, Izin Tinggal Kunjungan dan Izin Tinggal Terbatas,” jelas Pungki.

“Sementara di Pulau Maringkik, Lombok Timur, kami memberikan layanan paspor bagi WNI (warga negara Indonesia, red),” lanjutnya.

Para wisatawan mancanegara (wisman) di Trawangan yang merasa terbantu dan diberi kemudahan, memberi apresiasi pisitif terhadap layanan Kumham Bergerak Imigrasi Menyapa, yang dilakukan Kanim Mataram.

“I came to Gili Trawangan to extend my Visa on Arrival. This program is very helpful, faster and easier to renew (Saya datang ke Gili Trawangan untuk perpanjangan Visa on Arrival. Program ini amat membantu, lebih cepat dan mudah dalam melakukan perpanjangan,” kata Gemma (36 tahun), seorang warga negara Inggris.

Senada, Plana (59 tahun), warga negara Perancis juga mengapresiasi layanan jemput bola Kanim Mataram.

“Today immigration came to Gili Trawangan to provide services, I think this is a good thing because we don’t need to go to Mataram, and I hope one day immigration will have an office on Gili (Hari ini imigrasi datang ke Gili Trawangan untuk memberikan pelayanan, saya kira ini adalah hal yang baik karena kami tidak perlu harus ke Mataram, dan saya harap suatu saat imigrasi memiliki kantor di Gili),” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Desa Maringkik mewakili warganya mengapresiasi layanan keimigrasian Kanim Mataram, yang melakukan layanan permohonan paspor baru dan penggantian paspor yang habis masa berlaku.

“Alhamdulilah, Imigrasi Mataram menyelenggarakan pelayanan paspor di Desa Maringkik, mengingat jika warga kami ingin membuat paspor harus menyebrang laut dan memakan waktu yang lama. Kegiatan ini sangat luar biasa dan sangat membantu. Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilanjutkan,” tuturnya.(bang Jir)