STISIP BIMA jadi Universitas Mbojo

harian amanat.com

Kota Bima – STISIP Mbojo Bima, kini resmi berubah status menjadi Universitas Mbojo (Umbo) Bima. Perubahan status ini di Launching secara khusus, Kamis (17/11/2022) di auditorium Kampus Orange tersebut.

Selain dihadiri sejumlah pejabat Kota dan Kabupaten Bima, launching nama baru kampus STISIP Mbojo ini juga dihadiri Forkompinda, Wakapolres Bima Kota dan seluruh civitas akademika Universitas Mbojo Bima.

Bersamaan dengan hajatan yang cukup bersejarah ini juga sekaligus dilakukan Pelantikan Rektor Umbo Bima, DR. Rifai M.Si, sebagai rektor pertama Universitas Mbojo Bima, sebagaimana Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi tentang izin perubahan status STISIP Mbojo Bima menjadi Universitas Mbojo Bima.

Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Mbojo, Drs. H Mukhtar Yasin, M.AP, dalam sambutannya mengulas sejarah berdirinya Yayasan Pembina Pendidikan Mbojo pada tahun 1981 silam, hingga terbentuk menjadi sebuah Universitas Mbojo Bima saat ini.

Tentu dengan adanya perubahan status ini mencerminkan adanya kemajuan dan perkembangan sangat pesat di kampus mereka.

Untuk itu, dengan berdirinya dan berubahnya status STISIP Mbojo Bima menjadi Universitas Mbojo Bima, pihaknya berharap seluruh civitas akademika kampus ini bisa menjaga marwah dan kredibilitas kampus lebih maju dan berkembang di kawasan Timur NTB.

Pada kesempatan itu, Sekda Kota Bima Drs. Mukhtar Landa, MH, menyampaikan ucapan selamat atas perubahan nama salah satu kampus tertua di Bima ini.

“Atas nama Pemkot Bima saya memberikan
apresiasi dan rasa bangga atas berubahnya status STISIP Mbojo menjadi Universitas Mbojo,” ucapnya.

Dia berharap dengan berubahnya status STISIP Mbojo Bima menjadi Universitas Mbojo Bima, kedepannya akan terus mencetak generasi sarjana yang berkualitas dan memiliki daya saing pada seluruh bidang pekerjaan. “Dan tentunya mampu menjadi penyumbang generasi berkualitas bagi Kota Bima,” harapnya.

Sementara itu, DR. I Gusti Lanang, Kepala LL Dikti Wilayah 8, menjelaskan waktu lahir dan terbentuknya Universitas Mbojo Bima tepat pada momentum Hari Pahlawan 10 November 2022.

Banyak hal yang disampaikan I Gusti Lanang tentang keberadaan kampus orange yang kini sudah bertambah 4 Program Studi (Prodi) dari dua Prodi saat menjadi sekolah tinggi, mulai dari hal hal teknis, sistematika hingga strategi menjadi sebuah kampus yang ibarat awalnya pesawat dengan mesin ATR berubah menjadi pesawat dengan mesin Air Bus.

Di ujung pernyataannya, Kepala LL Dikti Wilayah 8 ini, berharap Universitas Mbojo Bima makin eksis sebagai kampus yang melahirkan generasi berkualitas sesuai dengan aturan main sebuah kampus berstatus Universitas.(@.088)