BNPT Dukung Keamanan Siber KTT G20 Indonesia

harianamanat.com

BALI,- Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Mayjen TNI Dedi Sambowo, S.IP. menghadiri kegiatan FGD Forum Koordinasi Keamanan Siber dalam KTT G20 yang diselenggarakan oleh BSSN RI di Bali pada Selasa (2/8). 

Kehadiran ini sebagai dukungan dari BNPT RI terhadap keamanan siber dalam perhelatan KTT G20, khususnya sektor transportasi, energi dan informasi.

“BNPT RI beserta jajarannya, siap menjaga ruang siber, Simpan Datamu; Ikuti Literasi; Amankan Gadgetmu, Perkuat Passwordmu”, tutur Dedi.

Selain Sekretaris Utama, Kasubdit Teknologi Informasi, Drs. Sutriyono turut hadir dan menyampaikan situasi terkini perkembangan dinamika ancaman terorisme di ruang siber termasuk ruang digital dan media sosial.

“Hal yang tidak kalah penting adalah upaya kontra narasi propaganda ideologi radikal di ruang digital serta kampanye kembali akan kesadaran kebangsaan di ruang media sosial”katanya.

Narasi ideologi radikal kekerasan menjadi potensi ancaman berbahaya yang akan mengganggu perhelatan KTT G20 Indonesia 2022 di Bali.

Seperti diketahui bersama bahwa KTT G20 tahun 2022 berada di Indonesia, tepatnya di pulau dewata Bali. Kegiatan ini menjadi pembuktian atas citra dan nama baik negara Indonesia untuk memastikan perhelatan tersebut berlangsung aman dari berbagai ancaman, termasuk ancaman terorisme yang cenderung menggunakan ruang siber untuk disalahgunakan dan dimanipulasi. (HMS)