Serahkan 280 Aset Bupati IDP di Puji KPK RI dan Wagub

harian amanat.com

Wakil Gubernur NTB Dr.Hj.Siti Rohmi Djalilah mengungkapkan Apresiasi yang tinggi atas komitmen Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri,SE dalam menyelesaikan Penyerahan Barang Milik Daerah Kabupaten Bima kepada Pemerintah Kota Bima.

” Saya sangat mengapresiasi komitmen yang kuat dari Bupati Bima Hj.Indah dalam menyelesaikan persoalan Aset, ini Prestasi yang luar biasa, karena masih banyak DOB lain yang belum tuntas menyelesaikan Barang Milik Daerah, ini sebuah Prestasi dari komitmen dan keseriusan seorang Pemimpin Daerah,
Sebuah Progres yang ada menunjukan keseriusan kita,” puji Wakil Gubernur ini kepada Bupati IDP.

Pujian itupun disampaikan oleh Deputi Koordinasi dan Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI)Irjen Pol Yudhiawan, SH.M.Hum.
Bahwa progres yang dilakukan oleh Pemkab Bima, patut di apresiasi.

” Ini sebuah Progres kinerja yang harus diberi Apresiasi. Bupati Bima dan Pemerintahannya telah menunjukan konsistensi yang tinggi dalam melaksanakan amanah ini.
Kami berharap daerah lainpun bisa seperti yang dilakukan Pemkab Bima,” ujarnya saat ditemui harianamanat.com usai acara penyerahan aset.

Apresiasi Kepada Bupati IDP itu dilontarkan Wagub NTB dan Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK RI dalam acara Rapat Tindak lanjut Penyelesaian Permasalahan Barang Milik Daerah Personil, Pembiayaan Sarana dan Prasarana, dan Dokumen (P3D) dan Penandatangan Berita Acara Serah Terima, dari Pemerintah Kabupaten Bima kepada Pemerintah Kota Bima, yang
berlangsung Kamis 30 Juni 2022, di Gedung Graha Praja kantor Gubernur Provinsi NTB.

Rapat dipimpin oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah M.Pd.
Sesuai dengan agenda yang direncanakan hasil pertemuan tanggal 21 Juni lalu bahwa Rapat kali ini disepakati penandatanganan serah terima 280 obyek Barang Milik Daerah (BMD).

Sementara itu Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri,SE mengungkapkan rasa terimakasih Kepada KPK dan Pemprov NTB yang telah memfasilitasi dalam penyelesaian Aset Daerah tersebut.

Ia memaparkan setelah rapat yang dilaksanakan oleh KPK pada tanggal 30 Mei, KPK memberikan kesempatan untuk memverifikasi atas berita acara yang berupa 391 aset.

Bupati IDP menjelaskan, proses itu terus dikerjakan oleh tim sampai tanggal 20 juni, terverifikasi aset sejumlah 264 aset, ditambah 28 bangunan baru yang terbangun dalam tanah yang terdapat dalam 246 aset tersebut.

Bupati IDP melanjutkan, dari 391 yang diminta Pemkot Bima, yang sudah selesai terverifikasi dan tidak mendapatkan masalah yaitu 246.
Selanjutnya diatas 246 ini terdapat 28 bangunan sehingga jumlah yang ditandatangani pada tanggal 20 yang lalu bersama pemerintah kota yaitu 280 objek.

“Sesuai dengan kesepakatan kami dengan pemerintah kota yang juga dalam konsultasi yang kami laksanakan sampai ke kementrian dalam negeri, menyepakati bahwa barang milik daerah yang sudah dikirim dan clear yang akan kami serahkan ke pemerintahan kota.

Bagi beberapa aset yang masih menuai permasalahan akan dilaksanakan rekonsiliasi lanjutan yang nantinya kami juga tetap mengharapkan pendampingan,” jelas Bupati yang dikenal Ramah dan Tangguh ini.

Penandatanganan Berita Acara Penyerahan 280 Aset Pemkab Bima kepada Pemkot Bima itu dilakukan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE dan Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE.

Disaksikan oleh Wakil Gubernur Dr.Hj.Siti Rohmi Djalilah,
Direktur Korsup V KPK RI Budi Waluya, Kasatgas V.1/V.3 (Abdul Haris), Tim Korsup Wilayah V Ardiansyah Putra, Handayani, Abdul Jalil, Fadli Herdian.

Asdatun Kejati NTB Hilman Azasi,SH,MM,MH.

Wakil Bupati Bima Drs.H. Dahlan M. Noer, Ketua DPRD kabupaten Bima M.Putera Ferryandi,S.IP. Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan,S.Sos.

Perwakilan Dirjen Otda Kemendagri, BPKP Perwakilan NTB, Unsur Forkompimda NTB, Sekda Kabupaten Bima dan Sekda Kota Bima serta pejabat terkait lainnya.

Adapun Aset Pemkab Bima yang diserahkan itu antara lain Kantor – Kantor Pemkab Bima yang ada di wilayah Kota Bima, selain Gedung DPRD Kab Bima dan RSUD Kab Bima.(Cr.Adi)