Pacuan Kuda Bima NTB Destinasi Wisata Nasional

Bina, Harian amanat.com,- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengupayakan tradisi pacuan kuda Bima, NTB menjadi salah satu tujuan destinasi wisata nasional.

Hal itu diungkapkan saat berkunjung dan nonton pacuan kuda tradisional Bima.

Menteri Sandiaga Uno berkeinginan menyiapkan rencana peningkatan sumber daya manusia dan perbaikan infrasturkturnya.

Menteri Sandiaga juga memperhatikan soal Joki penunggang pacuan kuda atau joki cilik yang berasal dari kalangan anak-anak usia sekolah dasar.

” kita akan melihat dari segi revitalisasi fasilitas. Pacuan Kuda ini perlu di renovasi, agar event ini bisa ditingkatkan ke skala nasional, untuk itu kita akan pastikan kegiatan ini juga sesuai dengan kelayakan dari segi perlindungan anak.”

Sandiaga mengaku akan menurunkan tim bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPP3PA) untuk melihat sekaligus menguji kelayakan pada segi perlindungan anak.

Kita akan ajak KPAI, dan berkoordinasi dengan ibu Bintang menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kita akan turunkan tim untuk melakukan pendampingan di Bima, Jadi kita pastikan kegiatan Pacuan Kuda Bima, sesuai dengan kelayakan dari segi perlindungan anak,
Kita akan melakukannya dengan pendekatan yang inovatif, adaptif dengan keadaan terkini sekarang,” ujar Menteri Sandiaga Uno.

Pacuan kuda yang sudah menjadi tradisi turun temurun sejak zaman penjajahan Jepang di Bima ini merupakan sebuah potensi daerah.

Sudah sepantasnya, pacuan kuda berkembang agar mampu menopang taraf perekonomian masyarakat dan meningkatkan potensi sumber daya manusia.

Ketua Pordasi Kabupaten Bima Ir.HM.Nggempo mengatakan terimakasih atas kehadiran Menteri Sandiaga meninjau Pacuan Kuda Bima.
Banyak fasilitas fisik, maupun sarana dan prasarana lainnya yang perlu ditingkatkan. Sehingga harapan Pemerintah Pusat untuk menjadikan Pacoa Jara sebagai salah satu Destinasi Wisata akan terpenuhi.
” Kami sudah ceritakan semua soal Pacoa Jara Mbojo, juga soal regulasinya, trimakasih kepada Pak Menteri Sandiaga yang tadi sudah menjanjikan akan membantu revitalisasi infrasturktur untuk pacuan kuda panda ini,” ujar Ir.HM.Nggempo ditemani pengusaha Mulyono Tan.

Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno datang ke arena pacuan kuda dengan mengajak Atta Halilintar bersama istrinya, Aurel Hermansyah, juga Rigen Rakelna atau Rigen, putra daerah Bima yang kini dikenal sebagai seorang pelawak dan aktor Indonesia asal Sape,Putra dari Ir.Syaiful Kadis Ketahanan Pangan.(admin)