Umi Rohmi ; Pers Edukator Covid -19

Mataram, Harian amanat.com,- Keberadaan dan kehadiran insan pers dalam membantu pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19 sangat penting. Pers diharapkan jadi garda terdepan untuk menyajikan informasi yang benar sekaligus membantu mengedukasi masyarakat tentang bahaya dan pencegahan Covid-19.

Menurut Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., selama ini peran pers di NTB dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 sangat optimal. Bersama dengan pemerintah, TNI/Polri, insan pers telah berkolaborasi dan bersama mengatasi masa sulit ini.

“Alhamdulillah kita di provinsi Nusa Tenggara Barat sudah menunjukkan itu,” jelas Wakil Gubernur yang akrab disapa Ummi Rohmi ini.

Dapat dilihat,  kehadiran pers di NTB selalu berada di garis terdepan dalam membantu memberikan informasi kepada publik. Kalau diistilahkan, lanjutnya,  insan p reers merupakan pasukan terdepan selain tenaga kesehatan dan TNI/Polri dalam menghadapi Covid-19.

“Pers ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan terdepan dalam mengatasi penyebaran Covid-19,” ujar orang yang pernah menjadi ketua DPRD Lombok Timur sebelum menjabat Wakil Gubernur NTB.

Dijelaskan pula, keterlibatan Pers dalam pembangunan dan perjalanan bangsa tidak bisa dipisahkan. Begitupun perannya dalam setiap pembangunan di daerah. Dapat diihat pentingnya peran pers untuk mensukseskan pembangunan dan program pemerintah di segala lini.

Menyinggung perkembangan teknologi di dunia media yang begitu cepat, Wagub berharap konvergensi media yang diadaptasi oleh insan pers juga dapat diikuti dengan sajian informasi yang sehat dan berimbang.

“Saat ini, informasi dan berita tidak hanya diperoleh melalui koran, tabloid, majalah tetapi juga melalui teknologi digital dengan sistem online, sehingga informasi itu cepat sampai ke tangan masyarakat dalam hitungan detik dalam hitungan menit,” ujar Ummi Rohmi.

Mengenai kegiatan vaksinasi yang terus berjalan, Wagub mengingatkan kepada insan pers untuk senantiasa tetap mematuhi protokol kesehatan serta meyakinkan insan pers untuk bisa segera mengikuti vaksinasi segera setelah proses vaksinasi tenaga kesehatan, TNI/Polri dan pejabat publik selesai.

“Vaksin aman dan halal,  kami yang sudah divaksin, alhamdulillah sehat-sehat saja sampai sekarang bahkan penting untuk kita bisa melaksanakan aktivitas dan produktif,” yakinnya.

Menutup pernyataannya Ummi Rohmi mengajak insan pers untuk terus bersinergi dan berkoloborasi bersama-sama membangun NTB Gemilang.

“Terimakasih insan Pers,” tutup Wagub.

Peringatan HPN tahun 2021 tingkat Provinsi NTB tahun ini, selain mengikuti pidato Presiden RI Ir. H. Joko Widodo secara virtual dari istana negara, juga ditandai pemotongan tumpeng oleh Wagub NTB kepada ketua DKD PWI  NTB, H. Ismail Husni. Dan juga pemotongan tumpeng oleh kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB yang diserahkan kepada Nasruddin Zein Ketua PWI NTB.

Acara puncak pelaksanaan HPN 2021 di NTB, Wagub didampingi Kepala Dinas Kominfotik NTB, anggota DPD RI dapil NTB H. Sukisman Azmy , perwakilan Forkopimda NTB dan insan pers NTB. (edy@diskominfotik_ntb)