Airmata Haru UMI Dalam Prosesi Pendaftaran

Bima, Harianamanat.com,-  Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dan Drs. H. Dahlan M.Nor, M.Pd mendaftar sebagai  Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah Kabupaten Bima di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima,  dalam pemilihan Umum Kepala Daerah yang akan digelar 9 desember  2020 serentak Seluruh Indonesia,  jumat  4 september 2020.

Inilah sekelumit prosesi pendaftaran Kedua Pasangan Calon Kepala Daerah  dan  Calon Wakil Kepala  Daerah Kabupaten Bima ini IDP-DAHLAN:

07.30 ; Umi , Aji Dahlan meminta restu,  doa dan melakukan sungkeman.

Umi terlebih dahulu  melakukan sungkem sujud dibawah telapak kaki  Ibu Suri Hj.Ratna Murti Zubaidah Abdul Kahir,  Ibu dari mendiang Almarhum H. Ferry Zulkarnain.  Ibu Suri memeluknya  dan mengelus pundaknya. Kemudian umi sungkem sujud dibawha kaki Ibundanya Hj. Lola Laswita, Mama Lola ( begitu keluarga memanggilnya, red )memeluk putrinya itu sembari meneteskan air mata, didekapnya putrinya dengan penuh kasih  sembari mengelus punggung putri kecintaannya. Umi pun tak kuasa menahan haru di peluk oleh kedua  orang Ibu  yang sangat dicintai dan mencitainya.

Aji Dahlan duduk sungkem kepada Ibu Suri ( Tua Ida, panggilan Kesayangan Aji Dahlan terhadap Ibu Suri ) memeluknya dan mengelus elus punggungnya. Kemudian sungkem ke mama lola.

Usai sungkem Umi dan Aji Dahlan berdoa sejenak menengadahkan tangannya diantara kedua  orang Ibu tercinta.

07. 50 ; umi menuju pintu keluar di ikuti aji dahlan, ibu suri dan mama lola. Umi meminta doa dari TGH. Saleh Abubakar dan beberapa Ulama lainnya.

08.00 ; Umi keluar rumah menuju kendaraan mobilnya. Dari Pendopo Asi Toi kediaman, Umi  dan rombongan menuju Pemakaman Dana Traha.

08.10 ; tiba di Komplek Pemakaman Sultan Bima Dana Traha, Disini umi membaca doa di depan makam Sultan Abdul Kahir. Kemudian menuju Makam H.Ferry Zulkarnain. Umi ditemani dua putranya. Muhammad Putera  Ferryandi, S.IP dan Muhammad Putera Pratama.  (ajudan meminta untuk tidak diambil gambar ) Umi dan kedua putranya duduk bersimpuh berdoa…disini umi  dan kedua putranya berdoa cukup lama.

08.45 ;  umi dan rombongan beranjak menuju Kantor KPU Kabupaten Bima di Panda, dikawal Patroli Pengawalan Polres Bima.

09.00 ;  tiba depan jalan  ( Pengamanan Lapis Pertama  ) menuju peralatan kantor KPU, pemeriksaan atribut , Identitas dan penghitungan jumlah  Tim yang bisa masuk menuju Kantor KPU, oleh Petugas sekretariat KPU, dan Pihak Keamanan dari Kepolisian Polres Bima didamping  TNI .

09; 10 ; tiba dihalaman kantor KPU. Umi, Aji Dahlan dan satu orang dari masing-masing Wakil Partai Koalisi, 2 orang Admin Paslon, Muhammad Putra Ferryandi, Muhammad Putra Pratama, Dra. Hj. Rostiati Dahlan dan Putrinya Ulfah, mengikuti prosedur penanganan covid-19  dengan diawali mencuci tangan hingga pengukuran suhu tubuh menggunakan termo gun.

09. 15 ; Umi, Aji Dahlan dan tim memasuki  kantor KPU, untuk mengisi buku tamu.

09. 25 ; umi, Aji dahlan dan rombungan menuju ruang Aula Kanto KPU Bima,  untuk menyerahkan berkas endaftaran sebagi Clon Kepala daerah dan Calon Wakil Kepala  Daerah.  Diruangan ini  sudah ada Ketua KPU Kab Bima Imran SP.di, SH  dan empat Anggota KPU Kab Bima, Ketua Bawalslu Kab Bima dan Dua Anggota Bawaslu Kab Bima. Kemudian Umi dan Aji Dahlan  menyerahkan  berkas persyaratan  Calon Kepala Daerah dan  Calon Wakil Kepala Daerah Kepada Ketua KPU dan Ketua KPU Menyerahkan Kepada Ketua Divisi teknis Penyelenggaraan, Yadin Nanchandra, SH.MH.

09. 27 ; Ketua KPU  Imran, SP.di, SH. dan Anggota KPU Kabupaten Bima, disaksikan Ketua Bawaslu  Abdullah, SH dan Anggota Bawaslu Kabupaten Bima  menyatakan menerima  berkas syarat pencalonan IDP-DAHLAN, untuk kemudian di teliti pemunuhan syaratnya Pencalonannya atau tidak.

11. 45 ; Ketua KPU Imran SP.di, SH  menyatakan bahwa syarat Pencalonan IDP-DAHLAN sudah  memenuhi Syarat, karena melebihi  20 % kursi di DPRD  atau 9 kursi. Paslon IDP –DAHLAN diusung oleh Golkar, Gerindra, PPP, PKB dan Demkorat.

Untuk  Persyaatan Calon akan diteliti  lebih lanjut, sesuai dengan jadwal, ada masa perbaikan baru akan ditetapkan oleh KPU sebagai Calon Kepada Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah,.

 Kemudian  Ketua KPU mempersilahkan Paslon IDP-DAHLAN untuk menyampaikan pernyataan  kepada media  diaula  Media Center KPU BIMA.

11.48 ; Umi menyampaikan pernyataan kepada Media. Mengenai Persyaratan Pencalonan IDP-DAHLAN. “ hari ini kami telah menyerahkan dokumen pendaftaran kami sebagai  Calon Kepala daerah dan Calon wakil kepala daerah,  dan alhamdulillah pada hari ini juga kami telah menerima berita acara pendaftaran dari KPU dan berita acara  telah terpenuhinya persyaratan pencalonan  dari  Partai Pendukung . B1-KWK Partai Golkar, B1-KWK Parati Gerindra, B1-kwk Partai Demokrat, B1- KWK Partai PKB, B1-KWK Partai PPP. Sudah terpenuhi, sedangkan B1-KWK PBB hingga pendaftaran belum menyerahkan B1-KWK, namun PBB tetap merupakan bahagian dari Parpol Pendukung IDP-DAHLAN pada Pemilu kada serentak 9 desember 2020 ini, untuk itu tak lupa kami sampaikan terimakasih kepada KPU”.

12.00 ;  keluar dari kantor KPU, Umi  dengan menggunakan kendaraan terbuka  menyapa dan mendatangi  puluhan ribu massa  pencinta dan pendukungnya yang berdiri memadati jalan menuju kantor kpu hingga lapagan pacuan kuda. Sembari melambaikan tanggan dan berucap terimakasih, Umi tak kuasa menahan haru, dengan wajah yang menahan tangis…sembari mengusap air matanya, dan sesekali memencet hidungnya..umi melambaikan tanga  melihat para pencinta yang dengan setia  menunggunya diterik matahari siang jumat itu.  Dan para pecinta yang dominan Perempuan itupun  tak kuasa menahan tangis melihat linangan air mata haru dari kekasih yang  mereka cintai sosok UMI….” Jagan menangis umi….kami mencintaimu…kita menang …..” teriakan hysteria perempuan tua dan muda.

Diarea lapangan pacuan kuda panda, umi berorasi  sambil berdiri diatas kendraannya ditengahn ribuan masa yang sudah menunggu sejak pagi  di lapangan pacuan kuda panda itu, “ terimakasih kepada semua  keluarga yang sudah hadir menemani mada dan aji dahlan mendaftar, terimakasih…terimakasih….mari kita tetap semangat ..rapatkan barisan, solid satu dengan yang lainnya, jangan balas kemarahan dengan kemarahan tetapi kita tetap jaga istigfar kita, kita jaga hati kita untuk terus  sabar menerima kemarahan…ikhtiar kita adalah  menang dengan bermartabat dan kedamaian..agar anak-anak kelak mengetahui bahwa proses pemilu yang diciptakan dengan kedamaian akan membahwa hikmah kebaikan bersama…..karena  ini hari jumat, ayo segera mencari masjid terdekata untuk kita tunaikan sholat jumat bersama, usai jumat agar bisa  kembali dengan tertib, dan jaga keselamatan.”

12.15; umi dan rombongan menuju masjid  Raya Panda untuk tunaikan sholat jumat bersama.

13.30; umi tiba dikediaman Pendopo Asi Toi.( 045 )