BNPT RI – Kesbangpol Tingkatkan Kesiapsiagaan Nasional

harianamanat.com

Sentul,- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) menerima kunjungan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok di Gedung Baladika, Sentul, Jawa Barat pada Rabu (14/06).

Diterima oleh Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT RI, Brigjen Pol Wawan Ridwan, S.I.K., S. H., M.H., kunjungan Kesbangpol Kota Depok bersama Forum Pembauran Kebangsaan(FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagai bentuk upaya sinergitas demi meningkatkan kontribusi aktif Pemerintah Depok dalam penguatan kapasitas bagi para stakeholder guna menanggulangi isu terorisme dan kejahatan lintas daerah.

Menyambut baik kunjungan tersebut, Wawan Ridwan mengungkapkan bahwa tindak pidana terorisme merupakan kejahatan luar biasa atau biasa disebut Extraordinary Crime. Oleh karena itu perlu adanya tindakan yang luar biasa dalam pencegahan dan penanggulangan tindak pidana terorisme. Salah satunya dengan melakukan sinergitas antar Kementerian/Lembaga.

“Penanggulangan terorisme tidak bersifat absolut, tidak bisa ditangani satu lembaga saja. Justru kami melibatkan bapak ibu sekalian dalam rangka upaya menanggulangi, mencegah penyebaran paham radikal ini,” ungkap Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT RI.

Dengan menjalin kerjasama tiap-tiap elemen masyarakat, kegiatan semacam ini mendukung salah satu tugas dan fungsi pokok BNPT RI dalam membangun Kesiapsiagaan Nasional.

“Kesiapsiagaan Nasional ada beberapa poin yang akan dilaksanakan yaitu melalui pemberdayaan masyarakat, melalui peningkatan kemampuan aparatur, melalui perlindungan dan peningkatan sarana dan prasarana, melalui pengkajian strategis tentang penanggulangan dan pemetaan wilayah rawan radikal terorisme.

Menjadi awal pertemuan antara BNPT RI dengan Kepala Kesbangpol Depok, wawan ridwan berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan guna memaksimalkan sinergi dalam upaya pencegahan paham radikal terorisme.

“Kita semakin hari semakin dapat menyebarluaskan bagaimana upaya-upaya kita dalam rangka mencegah penyebaran paham-paham radikal terorisme. Mudah-mudahan pertemuan awal ini kita dengan Depok akan membangun sinergitas kita kedepan dalam rangka upaya mencegah penyebaran paham radikal terorisme khususnya yang berada di wilayah Kota Depok,” Wawan Berharap.

Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny, S.H., M.Hum., mendukung program yang dijalankan oleh BNPT RI sesuai dengan Undang Undang No. 5 Tahun 2018 dalam rangka membangun Kesiapsiagaan Nasional.

“Kami lebih kepada kewaspadaan dini, baik oleh aparat ataupun oleh masyarakat. Kita kerja sama yang pertama adalah pemetaan dan yang kedua adalah bagaimana cara kita bisa meningkatkan kemampuan untuk melakukan deteksi dini,” ungkap Linda.

Lienda juga mengharapkan terbangunnya program-program bersama BNPT RI untuk bersinergi dengan aparat maupun masyarakat Kota Depok sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam menjaga kondusifitas agar Depok senantiasa terjaga dari segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.(HMS)