Ketua IMI Bamsoet : Pembalap Indonesia harus Mampu Raih Prestasi Internasional

harianamanat.com

LOMBOK – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Sadikin Aksa, Direktur Keuangan ITDC Ahmad Fajar, serta Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba, menyerahkan trophy Juara kepada para pemenang Race 2 Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Mandalika Racing Series 2023, kelas Sportbike 250 CC.

Diselenggarakan dalam satu rangkaian World Superbike dan World Supersport Mandalika 2023, pada 3-5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Juara pertama berhasil diraih Rheza Danica, Juara kedua diraih Veda Ega Pratama, keduanya berasal dari Astra Honda Racing Team. Sedangkan Juara ketiga diraih Galang Hendra Pratama dari Yamaha BAF Yamalube Akai Jaya MBKW2.

“Mandalika Racing Series 2023 terselenggara atas kerjasama IMI dengan Pride Club, Astha, dan MGPA.

Tidak hanya memeriahkan World Superbike Mandalika 2023, Mandalika Racing Series 2023 yang diikuti 18 pembalap muda Indonesia dari 11 tim ini akan menjadi batu loncatan bagi para pembalap muda Indonesia untuk berkarir ke jenjang yang lebih tinggi.

Sehingga bisa mengikuti berbagai kejuaraan dunia di berbagai negara untuk mengharumkan Indonesia,” ujar Bamsoet usai menyerahkan trophy juara Kejurnas Mandalika Racing Series 2023, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok, NTB, Minggu (5/3/23).

Turut hadir antara lain, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, Wakapolda NTB Brigjen Pol Ruslan Aspan, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, Direktur Utama ITDC Ari Respati, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, serta Ketua IMI NTB dr. Lalu Herman Mahaputra.

Hadir pula pengurus IMI Pusat antara lain Wakil Ketua Umum Olahraga Motor Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Deputy Hubungan Antar Lembaga Erwin MP, Direktur Off the Road Olahraga Sepeda Motor Eddy Saputra, Komisi Balap Motor Agus Hadsoe, serta Komunikasi dan Media Hasby Zamri.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, Kejurnas Mandalika Racing Series 2023 akan menjadi event rutin yang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Untuk tahun 2023, rencananya akan diselenggarakan dalam tiga putaran.

Putaran pertama pada 3-5 Maret 2023, bersamaan dengan World Superbike Mandalika 2023.

Putaran kedua rencananya digelar pada Juli 2023, serta putaran ketiga pada Oktober 2023.

“Selain menghidupkan aktifitas sirkuit, juga bisa memberikan kesempatan kepada para pembalap muda Indonesia untuk terjun di Kejuaraan nasional, dengan cita rasa event internasional,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, kehadiran Kejurnas Mandalika Racing Series 2023 yang menampilkan kelas Sportbike sudah sangat ditunggu oleh pembalap nasional, pabrikan, dan penggiat motorsport di Indonesia. Mengingat Kejurnas Sportbike sudah vakum hampir empat tahun.

“Balap motor kelas sport merupakan jenjang utama bagi para pembalap nasional sebelum berkompetisi di ajang balap internasional. IMI berharap event ini dapat membangkitkan semangat para pembalap Indonesia untuk dapat berprestasi dan menapaki level yang lebih tinggi baik Asia maupun dunia,” pungkas Bamsoet. (Mom)