Gub Zul : Mari Bangun Pariwisata Kita Dengan Mandiri

harianamanat.com

Mataram – Gubernur NTB Dr.Zulkoeflimasmyah mengakui bahwa perhatian pemerintah pusat sangat besar bagi kemajuan pariwisata NTB.

Ia berharap agar kedepan Pemprov bisa mandiri dalam mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata yang dimiliki NTB.

” Banyak sudah yang diberikan bantuan dana oleh pihak kementerian dalam mendukung perhelatan besar di NTB, sehingga mengharapkan dana negara lagi untuk anggaran promosi pariwisata NTB seperti terlihat tidak mandiri.

kalau pakai dana negara, ketika rugi buntutnya panjang, kalau bisa pakai anggaran sendiri saja, dunia sosial media sekarang sangat bisa dimanfaatkan, jadi kita harus berusaha dan mandiri untuk bangun pariwisata kita”, ujar Gub Zul, Selasa 13 Desember 2022 di Mataram.

Menurut Gubernur Zul bahwa keberlangsungan pariwisata NTB kedepan, merupakan tugas Kadispar dan Ketua BPPD sebagai orang-orang yang sudah punya pengalaman.

” jangan melihat event itu untuk kepentingan orang lain, kita tidak tahu lima enam tahun kedepan akan terbuka peluang seperti apa untuk NTB, jadi harus mampu memanfaatkan peluang dan momment,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, menyampaikan bahwa strategi promosi 2023 terutama event MXGP, WSBK dan MotoGP sangat bisa dimanfaatkan untuk membuka forum bisnis dengan pihak travel dan perhotelan sebagai bentuk sinergitas pemerintah dengan industri pariwisata.

Untuk tahun 2023 fokus melaksanakan kalender event yang sudah di promosikan, ujarnya.

Ketua BPPD NTB, Baiq Ika Wahyu Wardani, menambahkan bahwa dari hasil rapat bersama ketua-ketua asosiasi dengan berkomitmen untuk mempromosikan seluruh event yang ada di tahun depan tetapi masih terkendala dengan minimnya anggaran.

“walaupun anggaran kita minim, tapi saya akan ajak kita semua untuk berkolaborasi saling bantu dalam memajukan pariwisata kita,”ujarnya.(jie)