HML dan Dae Yandi Hadiri Silaturahim Akbar Jabotabek

harianamanat.com

Jakarta,- ” Partisipasi dan dukungan masyarakat Bima yang ada di Jakarta Bogor, Depok, Bekasi dan sekitarnya sangat saya harapkan untuk kemajuan Kota Bima, ide dan saran dari para tokoh Bima adalah modal untuk membangun daerah,” Ujar Walikota Bima HM.Lutfi,SE saat memberikan sambutan pada acara Silaturahim Akbar warga Bima Dompu se Jabodetabek, Minggu 9 Oktober 2022, di Hotel Bumi Wiyata Depok.

HML menjelaskan bahwa Kota Bima yang luasnya hanya 1% dari Wilayah Provinsi NTB, memiliki IPM (Indeks Pengembangan Manusia ) diatas rata-rata yakni 76 ,11% dari 72,29 % rata Nasional.

Sektor Pendidikan tidak diragukan untuk masyarakat Bima.

Banyak Cendekia bergelar Profesor dan Doktor lahir dari tanah Bima, SDM yang tersebar adalah sebuah kekuatan bagi kita untuk Maju dan berkembang.

“SDM yang handal itulah yang membuat masyarakat Bima bisa eksis, maju dan berkembang di NKRI ini,” ucapnya.

Maja Labu Dahu adalah sebuah filosofi hidup yang lahir dari daerah kita, dan yang harus dimaknai sebagai pendidikan karakter yang saat ini menjadi muatan lokal bagi Dunia Pendidikan di Kota Bima.

” Apa yang saya lakukan adalah membuat kurikulum Maja Labo dahu, agar Generasi Bima kedepan memahami makna filosofi hidup yang terkandung dalam makna kata Maja Labo Dahu, itulah ke Bima an kita, Maja Labo Dahu, Nggahi Rawi Pahu, Ngaha Aina Ngoho, Toho Ra Nami Surampa Dou Labo Dana,” ujarnya.

Dan Walikota HML menjelaskan juga Program Smart City yang dimiliki Kota Bima.

Bahwa teknologi IT yang dimiliki Kota Bima, dapat membantu dan memudahkan masyarakat berkomunikasi dengan Pemerintah.

” Dengan android kita bisa memantau apa yang terjadi di kota bima, apa yang di inginkan warga masyarakat, apa yang sudah dilayani dan belum terlaksana, semua bisa diakses lewat Android,”ujarnya bangga.

Sementara itu Jena Teke Kesultanan Bima yang juga Ketua DPRD Kabupaten Bima M.Putera Ferryandi,S.IP mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Depok, karena telah menjaga warga masyarakat Bima yang berada di wilayah Depok.

“Terimakasih kepada Bapak Walikota dan Wakil Walikota Depok, Ketua DPRD dan Anggota DPRD Kota Depok yang sudah hadir dalam acara ini.

Saya Titip warga Bima yang ada di wilayah Depok, semoga bisa bersinergi membangun bersama Kota Depok ini,” ujar Jena Teke (Sultan Muda) Kesultanan Bima.

Dae Yandi berharap agar masyarakat Bima yang berada di Jabodetabek, bisa memberikan sumbangsih ide dan kontribusi yang membangun dan bermanfaat dilingkungan keberadaanya, sehingga warga Bima dapat diterima sebagai warga yang mampu memberikan kemanfaatan bagi bangsa dan negara.

” Maja Labo Dahu, Mai Ta Kasama Weki, Cua Sakaka Angi yang menjadi Tema Silaturahim Akbar ini adalah sebuah harapan dan keinginan untuk kita tetap terus bersama dalam mewujudkan kemajuan dan perdamaian dalam kehidupan sosial kita,” pungkasnya.

Acara Silaturahim Akbar tersebut telah menyatukan seluruh entitas Bima Dompu yang berada di Jabotabek.

Terlihat kebersamaan, kegembiraan dan luapan kerinduan untuk terus bersilaturahim diantara mereka.

Silaturahim Akbar itu diawali dengan Pawai Rimpu, dan beberapa atraksi seperti Soka, Ntumbu dan Ndiri Biola.

Ada juga Bazar kuliner khas Bima Dompu.

Di Kursi Tamu Undangan disamping Walikota Bima HM.Lutfi dan Jena Teke M.Putera Ferryandi juga nampak Gubernur NTB 1999-2004 Drs.H.Haroen Al Rasyid. dr.H.Sanusi,S.POg. HM.Syafrudin,ST.Hj Nurhaidah Calon Anggota DPD NTB, HM.Kasnun Ahmad. Ketua BMMB Syarif Hidayatullah,SH.MH.
Ketua BMMB Depok Dr.Syarif,ST. Anggota DPRD Kota Bima Khalid bin Walid, Anggota DPRD Kab Bima Sulaiman,SH,MT. Bezed Yusuf, Pengacara Nasional Masyur Arsyad,SH.MH, Cendekiawan Muda Bima Dr.Hermawan Saputra, dan Tokoh Bima lainnya.

Sementara diluar nampak seragam Putih dengan berselempangkan sarung nggoli bertulis AMBI, terlihat AKBP Ruslan Idris, Yusri Al Bima, Syarif Kalepe, Dae Ca’a dan puluhan anggota AMBI lainnya berdiri merapat bersama aparat TNI POLRI mengawal dan mengawasi keamanan.

Acara yang di nahkodai Mujahid A Latif sebagai Ketua, Furqan sebagai Sekretaris, dan Irmawati sebagai Bendahara berlangsung meriah dan Sukses.(Sura)