Tim Sinergisitas Realisasikan 167 Pembangunan Fisik dan Non Fisik

harianamanat.com

Jakarta,- Tim Sinergisitas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) telah melaksanakan 167 aktivitas pembangunan fisik dan non fisik di lima provinsi sasaran. Tim yang terdiri 46 Kementerian/Lembaga (K/L) perlu terus mengembangkan program ini demi terciptanya transformasi mindset penerima sasaran yaitu mitra deradikalisasi, penyintas, serta orang dan kelompok orang yang rentan terpapar radikalisme terorisme.

“Kita bersama telah mempersempit ruang gerak kelompok tersebut dengan program-program transformasi mindset, kita harus memberikan dan mengembangkan dampak positif yang berkelanjutan,” kata Sekretaris Utama BNPT RI, Mayjen TNI Dedi Sambowo, S.IP dalam rapat koordinasi bersama K/L tim Sinergisitas pada hari Rabu (21/9).

Jenderal TNI bintang dua ini juga menyampaikan masih terdapat sebanyak 284 aksi yang masih dalam proses realisasi di lima wilayah sasaran; Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah. Melihat keterlibatan aktif tim sinergisitas, Dedi turut mengapresiasi 46 K/L yang tergabung dalam sinergisitas. Dia berpesan agar tim Sinergisitas terus meningkatkan dukungannya.

46 K/L yang terlibat melakukan pembangunan di 12 klaster, mulai dari pembangunan dan pemenuhan sarana infrastruktur, pemberian beasiswa, pelatihan ketenagakerjaan, diseminasi informasi dalam rangka kontra radikalisasi, bantuan kepada penyintas, hingga pembangunan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) sebagai sarana deradikalisasi dan reintegrasi sosial.(HMS)