Selamat Datang Pahlawan

Harianamanat.com,Mataram.

Tidak ada pesta yang tiada berakhir. Sang kesatria telah berjuang keras mempertaruhkan jiwa raga bertempur diarena. PON Papua kehormatan dan kebanggaan telah dipertaruhkan.

Besok saatnya, Sang Juara pulang dengan kepala tegak. Rakyat dan pemprop ntb bangga dan berterima kasih. 15 emas, 11 perak dan 12 perunggu hasil yg istimewa dan membanggakan. Peringkat Sembilan adalah capaian yg paripurna. Jauh melebihi hasil pada PON-PON sebelumnya.

Sabtu ( 16/10 ) pagi, Dari Jayapura, ketua kontingen – Bpk Mori Hanafi melaporkan dan koordinasi dengan Sekda tentang rencana kepulangan kontingen.

Pak Mori Hanafi bersama 122 orang atlet dan official hari ini akan tinggalkan tanah papua. Dari jayapura transit semalam di surabaya. Keesokan harinya, minggu ( 17/10 ) rombongan tiba di BIZAM sekitar pukul 09.15. Sambil menunggu rombongan yg berangkat dari Timika tiba dibandara BIZAM, rombongan akan menjalani protol kesehatan berupa sweb antigen. Bila hasilnya negatif dapat pulang karantina mandiri. Bila hasilnya positif, akan di karantina di tempat yang sdh disiapkan. 5 hari kedepan dilakukan RT-PCR.

Rombongan lain yg berangkat dari Timika, sebanyak 35 orang dipimpin Bpk H. MNS Kasdiono dan Bapak Suhaimi. Kloter ini akan melewati rute kepulangan dari Timika ke Makasssar dan transit bermalam di Makassar. Dari Makassar terbang ke Bandara Ngurah Rai Denpasar selanjutnya akan tiba di BIZAM hari Minggu pukul 12.00.

Rombongan kloter pertama yg tiba pukul 09.15, menunggu kedatangan rombongan kloter kedua krn di kloter Timika banyak juga peraih medalinya.

Kepulangan atlet yg berlaga di PON Papua ini memang tidak sekaligus. Bergantung jadwal bertandingnya. Atlet futsal misalnya sudah tiba beberapa hari yang lalu. Disusul beberapa cabor lainnya yg sdh lebih awal selesaikan pertandingan.

Ada juga atlet yang tidak pulang ke lombok tapi langsung terbang ke jakarta. Menyelesaikan Pemusatan latihan karena akan mengikuti event2 internasional.

Setelah 2 kloter ditambah atlet2 yang sdh pulang duluan terkumpul,
panitia menyiapkan defile/arak2an atlet PON.

Rute konvoi /arak2an, dari BIZAM, putar masuk kota praya, menuju puyung, ubung, kediri, sweta, cakra, mataram dan finish di lapangan sangkareang mataram.

Mobil konvoi antara lain mobil calling diskominfotik, vooreijder polisi, bus city tour berisi atlet peraih emas, mobil terbuka offroad, jeep, komunitas sepeda motor, mobil ka OPD dll. Konvoi dipersiapkan dan tanggung jawab kadispora dan kadis Perhubungan.

Dari lapangan sangkareang di sambut dan diiringi dengan aneka tetabuhan : gendang beleq, drum band dan lain2.

Komunitas masyarakat papua di mataram direncanakan ikut menyambut
Pahlawan yang sudah harumkan nama daerah. Khusus peraih medali emas direncanakan akan di usung dengan jaran kamput.
Prosesi arak2an dari lapangan sangkareang menuju kantor gubernur di persiapkan dan menjadi tanggung jawab kadis dikbud. Karo kesra melakukan pengaturan penyiapan musik2 penyambutan dari sekolah2 terpilih di kota mataram.

Penyambutan, ramah tamah, santap siang dan pembubaran kontingen di kantor Gubernur. Gubernur, wakil Gubernur bersama forkopimda, bupati/walikota dan tamu undangan lainnya menunggu arak2an dan diundang ke kantor gubernur pukul 15.00. Acara ini disiapkan dan mrnjadi tanggung jawab karo umum, karo ekonomi dan karo adpim.

Acara syukuran dan pemberian bonus direncanakan pada saat syukuran/peringatan hari sumpah pemuda 28 okt seminggu setelah kedatangan.

Selesai acara para bupati walikota membawa pulang atletnya dengan kendaraan dari daerah masing2. Untuk antisipasi agar atlet tidak pulang dengan angkutan umum open cup apalagi ojek seperti yang viral yg terjadi di daerah lain, dinas perhubungan propinsi sdh menyiapkan bus2 damri yg siap mengantar pulang atlet sampai kantor bupati/walikota. Dari kantor bupati/walikota setempat diantar ke rumah masing2 atlet oleh kendaraan dinas pemda masing2. Diantisipasi juga dari pemprop akan mengantar pulang hingga ke titik akhir rumah atlet. Persiapan dan tehnis kepulangan di bawah koordinasi dan tanggung jawab inspektur provinsi. ( sekda, Lalu Gite )