DWP Lingkungan Hidup Kunjungi Bank Sampah

Bima,Harian amanat.com- Bank Sampah Pekka Samili Dikunjungi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bima NTB

Bank Sampah Pekka Samili-Woha. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bima dalam dua pekan ini mengunjungi Bañk Sampah Pekka Samili dan melihat langsung rutinitas kegiatannya.

Kunjungan pertama (02/06/21)  Muhammad S.Pt Kepala Bidang Kebersihan Persampahan dan Limbah B 3 beserta M.Haris, S.Ip (kasi peningkatan peran serta masyarakat) dan Arifudin, S.Pt (kasi sarana dan prasarana).

Kabid menyampaikan langsung bahwa Bank Sampah Pekka Samili akan masuk dalam agenda kunjungan kerja Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd ke Kabupaten Bima dalam bulan ini.

Menurutnya “Kami sengaja memilih Bank Sampah Pekka Samili karena kami melihat Bank Sampah ini real bekerja dan selalu eksis menggunakan Medsos sebagai alat menyampaikan informasi kegiatannya.  Tidak saja dari Medsos kamipun mendapatkan informasi dari beberapa masyarakat bahwa Bank Sampah ini juga bisa menggandeng desa lain untuk terlibat didalam kegiatannya” tuturnya bangga.

Untuk diketahui bahwa kegiatan Bank Sampah ini dilatar belakangi oleh  ibu-ibu Pekka. Yang awalnya kegiatan Pekka masih seputaran membuat jajanan individu berbasis kelompok yang dananya bersumber dari ADD desa serta kegiatan Pra koperasi simpan pinjam kelompok.

Pekka Bima, sebelum Covid-19 melanda negeri telah mengadakan kegaiatan Bank Sampah.Menginggat sampah plastik  bisa kita jumpai dimana-mana, ini adalah peluang bagi anggota Pekka khususnya menjadikan sampah bernilai ekonomis.

Dimulai dari Pekka Samil, kami membentuk induk  Bank Sampah Pekka Bima yang rencannya di  wilayah kerja Pekka 6 desa (Samili, Kalampa, Risa, Donggo Bolo, Wadu Wani dan Pena Pali) akan terbentuk Bank Sampah sendiri.

Kunjungan kedua Selasa (08/06/21) dari DLH oleh M.Haris, S.Ip bersama  Dharma Wanita Persatuan(DWP) DLH ibu Nurul Badriah berserta timnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DWP DLH mengatakan ” Kedatangan kami ingin mengandeng Bank Sampah Pekka Samili meningkatkan kemampuan mengolah sampah yang lebih bernilai ekonomis melalui pembinaan keterampilah mendaur ulang sampah bersama DWP DLH”

Haris sapaan akrabnya menjelaskan kepada tim yang datang bahwa Bank Sampah Pekka Samili di prakarsai oleh kaum ibu.