H+15 Pasca Banjir Bima

Bima, Harian amanat.com,- Hari ke 15 pasca Banjir Bandang, proses penanganan distribusi bantuan untuk korban terdampak banjir dan penanganan berbagai fasilitas publik, di wilayah terjadinya bencana alam banjir bandang Kabupaten Bima, berjalan dengan baik dan lancar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Kab Bima Aris Munandar, ST.MT., saat ditemui Harian amanat.com di Posko Bencana Alam Banjir Kabupaten Bima, Kamis 15 April 2021 di halamam kantor BPBD.

Dijelaskannya, sejak awal BPBD sudah melakukan pendataan dan assesmen. Hingga sekarang pihaknya bersama Satgas terus mengupdate data.

Ada 2 posko dalam penanganan bencana alam banjir ini. Posko Logistik yang berada di kantor BPBD Kabupaten Bima dan Posko Induk di kantor Bupati Bima. Pada prinsipnya, setiap bantuan logistik yang masuk langsung kita data dan distribusikan.

“Termasuk bantuan langsung dari Presiden RI, berupa 17 truk paket, yang berisi 13.000 paket sembako untuk masyarakat terdampak, sudah didistribusikan,” ujar Aris atau yang lebih dikenal Anton.

Ia menjelaskan bahwa masing-masing perangkat daerah lingkup Pemkab Bima juga ikut dilibatkan dan bertanggungjawab untuk melakukan revitalisasi fasilitas umum dan sosial.

Dari pantauan Harian amanat, hingga Kamis siang, bantuan terus berdatangan dan distribusikan.
Termasuk bantuan 1 truk obat-obatan dari Kemensos RI. Langsung didiatribusikan ke Dikes Kabupaten Bima.
” Obat-Obatan langsung kita distribusikan ke Dikes, karena dilapangan sejak H+3, Dikes Bima, tim kesehatan dari TNI dan Polri, terus melakukan pemeriksaan dan perawatan kesehatan bagi korban banjir,” ujarnya.

Dari data Satgas Bencana, ada 34 lembaga swasta dan negara yang sudah memberikan bantuannya untuk korban banjir bandang Bima.
Dan ada puluhan bahkan ratusan bantuan dari pribadi ataupun kelompok swadaya masyarakat yang langsung didistribusikan kepada warga berdampak.

Jazakumullah Khoiran kasiran. (045)