Ayo Ke Bima

Ayo Ke Bima ( bag-2)

Bima, Harian amanat.com,- Pariwisata Bima memang tidak seramai dan tenar pariwisata NTT.
Namun Bima memiliki potensi besar untuk spot wisata yang bisa dikembangkan. Bima memiliki ratusan spot wisata yang belum disentuh secara maksimal.

Pantai Kalaki misalnya, pantai yang memiliki pasir berwarna coklat dengan lautnya yang landai ini berada di Teluk Bima.

Pantai Kalaki jaraknya sangat dekat dengan Bandara Sultan Muhammad Salahudin, berjarak kurang dari 1 Km dan hanya membutuhkan waktu 10 menit saja bisa sampai di pantai Kalaki.

Sebelum mencapai Pantai Kalaki, kita akan disuguhkan dengan pemandangan Alam lainnya, yakni melihat ratusan petak tambak Bandeng dan tambak garam berjejer disepanjang jalan menuju Pantai Kalaki.

Dahulu dipantau Kalaki ini kita akan melihat ratusan rumah Karamba dari bambu milik para nelayan berjejer di laut kalaki.

Dimalam hari kita akan melihat sinar lampu Karamba ditengah laut. Sedangkan ditepi pantai kita akan menyaksikan lampu Petromaks milik perahu nelayan berputar putar, sungguh pemandangan yang sangat indah.

Bagi warga masyarakat Kecamatan Palibelo dan Kecamatan Belo, biasanya usai panen padi dan palawija, mereka akan melakukan syukuran massal dengan mengarungkan beras kuning, yang disimpan diatas batang pisang ke laut Kalaki.
Ribuan warga masyarakat dua kecamatan itu tumpah ruah dipantai Kalaki, sekadar menyantap ayam bakar, kambing bakar bahkan hingga Sapi, kemudian mandi dilaut Kalaki sebagai wujud rasa syukur mereka kepada Allah, atas hasil Panen yang diperoleh.

Kebiasaan itu terus dipertahankan namun sejak Pandemi Covid 19, upacara adat Arung Beras Kuning itu tidak dilaksanakan.

Saat ini Pantai Kalaki tengah berbenah, ada wahana lainnya yang tengah disediakan pemerintah diseputar pantai Kalaki, yakni Taman Bermain seperti Water Boom dan lainnya yang diperuntukan bagi anak-anak.

Untuk tetap terjaganya Keindahan Pantai Kalaki, Pemkab Bima menjadwalkan bersih-bersih Pantai Kalaki setiap Bulan.
Pemkab melalui DLH dan Dinas Pariwisata, bekerja sama dengan PKK Kab Bima, GOW , TNI, Polri dan Sekolah yang berada dikawasan Panda-Palibelo rutin melakukan upaya bersih Pantai Kalaki dari Sampah.(045/ADV)